Rabu, 26 November 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

233 Desa di Blora Akan Gelar Pilkades Serentak

Editor: nugroho
Senin, 15 Juli 2013

SuaraBanyuurip.comAli Musthofa

Blora – Sebanyak 246 Desa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak yang rencananya digelar pada 26 Agustus mendatang. Namun, karena batas akhir masa jabatan beberapa kades tidak sama, maka pilkades direncanakan akan digelar dalam dua tahap.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Blora, Winarno, mengatakan, semua kepanitaian pilkades tingkat desa sudah terbentuk serta beberapa waktu lalu juga telah melakukan sosialisasi kepada Ketua Panitia Pilkades yang melibatakan Kepala Bagian terkait, diantaranya Bagian hukum Sekretariat Daerah (Setda), Bagian Tata Pemerintahan (Tapem), dan Inspektorat.

“Direncanakan Pilkades serentak dilakukan dua kali. Yang tahap pertama pada 26 Agustus yang diikuti sebanyak 233 dan 13 desa lainnya akan digelar pada bulan Oktober tahun ini,” kata Winarno.

Pilkades secara serentak juga pernah dilaksanakan di Kabupaten Blora pada 2007 silam dan dapat berjalan sukes. “Kita berharap pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan aman dan lancar,” tegasnya

Winarno menambahkan, pada tahun ini Pemkab Blora tetap akan memberikan subsidi anggaran kepada panitia untuk penyelenggaran pilkades. Jumlah anggaran yang diberikan akan disesuaikan dengan melihat pada jumlah pemilih. 

“tiap pemilih sebesar Rp 5 ribu. Maka nantinya setiap desa akan mendapatkan minimla 12 juta dan maksimal 25 juta,” tambahnya.

Terpisah anggota Komisi A DPRD Kabupaten Blora, Seno Margo Utomo, mengatakan, meskipun Pemkab Blora telah menganggarkan Rp 6 miliar untuk Pilkades secara serentak, namun para calon kepala desa juga bisa dibebani iuran yang jumlahnya tergantung kesepakatan bersama.

”Iuran itu besarannya sudah merupakan hasil kesepakatan antara para calon dengan panitia. Yang pasti tidak sampai memberatkan calon dan tidak melanggar aturan,” sambung Seno.(ali)

Dibaca : 1016x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>