Rabu, 20 September 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Akui Terima Setoran Minyak Penambang Sumur Tua

Editor: samian
Selasa, 12 September 2017
Ririn Wedia
CEGAH PENJUALAN MINYAK ILEGAL : Sebagian besar penambang sumur tua menyetorkan minyak mentah ke KUD SP.

SuaraBanyuurip.comRirin Wedia

Bojonegoro - Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Pangan (SP) mengakui jika selama ini menerima setoran minyak mentah dari penambang sumur tua di Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Padahal, sesuai kontrak, hanya ada lima sumur di wilayah Kawengan yang menjadi hak KUD SP.

"Alasan kami menerima setoran tersebut adalah, selain kemauan para penambang sendiri juga mencegah penjualan minyak diluar Pertamina EP Asset IV Field Cepu," kata Sekretaris KUD SP, Tahan, saat ditemui dikantornya, Selasa (12/9/2017).

Saat ini, ada sekira 300 dokumen berupa surat kontrak dari para penambang di sumur tua yang komitmen dengan KUD sejak awal tahun 2017.

Hal itu dilakukan saat masa transisi dimana Pertamina EP Asset IV Field Cepu tidak lagi memperpanjang kontrak dua paguyuban yang sebelumnya sempat mengelola sumur tua.

"Kami masih bisa beroperasi karena kontrak KUD SP berakhir pada 2019 mendatang," tegas pria asal Desa Beji, Kecamatan Kedewan ini.

Selain itu, pada masa transisi, Bupati Bojonegoro, Suyoto, memberikan izin kepada KUD SP untuk sementara waktu menampung minyak mentah dari para penambang sampai ada keputusan siapa yang mendapatkan rekomendasi mengelola sumur tua.

"Kami, sejak Januari 2017 sudah mengajukan rekomendasi kepada Bupati dan Pertamina EP Asset IV Field Cepu untuk mengelola sumur tua," tukasnya.

Pengajuan tersebut dikarenakan, KUD SP merasa telah dapat mengembalikan kondisi penambang dari mulanya carut marut menjadi kondusif dan menekan penjualan minyak secara ilegal.

"Kami mengajukan 607 sumur di seluruh wilayah Kecamatan Kedewan dengan produksi estimasi 1200 barel per hari," tandasnya.

Namun, karena Bupati Suyoto memberikan rekomendasi kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Bojonegoro Bangun Sarana (BBS) akhirnya, KUD SP hanya bisa berjalan sesuai sisa kontrak.(rien)

 

Dibaca : 100x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan