Sabtu, 22 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Sumur Tawun Blow Out

BLH Tunggu Koordinasi dengan Pertamina

Editor: nugroho
Sabtu, 12 Juli 2014
edy purnomo
Salah satu sumur minyak tua Tawun

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, mengaku masih menunggu koordinasi dengan pihak Pertamina Eksplorasi dan Produksi (PEP), terkait Blow Out sumur minyak tua yang ada di Lapangan Tawun, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan.

Kepala BLH Tuban, Mulyadi mengatakan, sampai pukul 12:30 siang ini, pihaknya belum mendapatkan laporan dari Pertamina terkait adanya blow out ini.

“Setidaknya sampai setengah jam yang lalu, kita belum mendapatkan laporan dari Pertamina mengenai blow out di sumur tersebut,” kata Sunarko, salah satu petugas yang mewakili Kepala BLH Tuban, Mulyadi, untuk memberikan konfirmasi kepada suarabanyuurip.com, Sabtu (12/7/2014).

Dia mengatakan, justru BLH mencari informasi sendiri ke pihak Pertamina untuk mengetahui kebenaran adanya blow out di sumur minyak tua yang ada di sana.

“Tadi kita langsung telfon pihak Pertamina untuk mendapatkan informasi ini,” kata Sunarko.

Informasi yang didapat BLH, lanjut Sunarko, sumur tersebut mengalami blow out sejak pukul 04.00 WIB pagi tadi. Saat ini, blow out tersebut dimanfaatkan warga yang ada di sana untuk mengambil minyak mentah tanpa perlu menambang lagi.

“Informasi yang kami terima sumur tua itukan memang mau ditutup, tetapi hal itu belum dapat dilaksanakan karena penambang menolak,” ujar Sunarko menjelaskan.

“Katanya Pertamina saat ini hanya sebatas mengamati dari jauh, karena takut adanya persepsi upaya penguasaan sumur dan berakibat dengan adanya konflik dengan masyarakat sekitar,” tandasnya.

Tetapi Pertamina berjanji, akan segera melakukan tindakan apabila ada hal-hal yang sekiranya sudah di luar kendali manusia. Disamping itu, Pertamina saat ini juga sudah melakukan himbauan kepada warga untuk tidak melakukan tindakan berbahaya, seperti merokok, di area sumur yang mengalami blow out.

“BLH juga akan turun dan berkoordinasi dengan Muspika setempat, kalau situasi memungkinkan kita akan datang ke lokasi blow out,” tandas Sunarko.(edp)

Dibaca : 823x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan