Sabtu, 22 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Masalah Pembebasan Lahan RSUD Temayang

Camat Nilai Tak Ada Kerugian Negara

Editor: utama
Kamis, 12 Juli 2018

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Camat Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Heri Widodo, menyampaikan, proses pembebasan lahan seluas 2,35 hektar (Ha) untuk pembangunan RSUD Tipe D di wilayahnya tidak ada kerugian negara.

"Kalau menurut saya, bukan kerugian negara," ujarnya kepada Suarabanyuurip.com, Kamis (12/7/2018).

Meski diakui adanya pemeriksaan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beberapa waktu lalu, namun audit itu terjadi karena ada kelebihan bayar pada tanah pengganti Tanah Kas Desa (TKD).

"Jadi, sebagian besar tanah yang dibebaskan itu adalah tanah kas desa dengan melakukan tukar guling," imbuhnya.

Dalam proses tukar guling itu, sudah melalui musyawarah desa untuk menunjuk tanah pengganti yang kemudian harganya dinilai oleh Kantor Jasa Penilai Publik atau biasa disebut tim apraisial.

"Ternyata, ada selisih dari  tiga koma berapa menjadi delapan koma berapa gitu, mohon maaf saya tidak hapal nominal pastinya," lanjutnya.

Pihaknya memastikan, adanya selisih itu akan dikembalikan oleh para pemilik tanah pengganti yang dibeli oleh Pemkab Bojonegoro sebelum batas waktu ditentukan atau akhir bulan ini.

"Mereka ada iktikad baik dengan mengembalikan semua lebih bayar sebelum batas waktu," tandasnya.

Disinggung jika pemilik tanah pengganti sekaligus pihak-pihak yang wajib mengembalikan selisih harga tersebut sebagian besar merupakan perangkat desa, Heri menjawab jika dari data yang ada sementara itu.

Data yang didapat Suarabanyuurip.com di lapangan menyebutkan, ada 11 orang pemilik tanah pengganti yang menerima pembayaran dari Pemkab Bojonegoro.  Mereka diantaranya dua perangkat desa tercatat memiliki enam bidang tanah.

Perangkat tersebut masing-masing memiliki lahan seluas 5,749 meter persegi, dan 9.643 meter persegi. Satu orang yang berstatus istri perangkat memiliki dua bidang tanah seluas 2.249 meter persegi, satu orang pengusaha memiliki satu bidang tanah seluas 9.600 meter persegi, dan satu orang lainnya tercatat sebagai warga Desa Temayang memiliki satu bidang tanah seluas 1.926 meter persegi. (rien)

Dibaca : 524x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan