Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pemilukada Serentak 2015

Di Tuban, 3.107 Surat Suara Rusak

Editor: nugroho
Rabu, 02 Desember 2015
ali imron
DICEK : KPU Tuban melakukan pengecekan surat suara sebelum dikirm ke PPK.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban – Sedikitnya 3.107 surat suara pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) serentak Kabupaten Tuban, Jawa Timur, rusak. Kerusakan tersebut terletak di bagian hologram surat suara.

“Rata-rata bagian hologramnya yang rusak,” kata Devisi Perencanaan, Keuangan, Logistik, dan Umum KPU Tuban, Nur Hakim, kepada Suarabanyuurip.com ketika ditemui di ruang kerjanya,  Rabu (02/11/2015).

Kerusakan tersebut diketahui setelah mendapat laporan singkat dari Panitia Pelaksana Kecamatan (PPK), dan hal serupa juga terjadi di 20 kecamatan.

Tekait rincian detail kerusakan per kecamatan, KPU belum dapat menjelaskan semuanya karena belum mendapatkan laporan resmi dari PPK.

“Besok PPK menyerahkan laporan resmi ke penyelanggara,” ucap Nur Hakim.

Selain pada hologram, beberapa kerusakan juga ditemukan di bagian lipatan kertas. Sehingga hari Selasa (01/12/2015) kemarin, KPU langsung melayangkan surat permohonan kepada rekanan PT Purabaru Utama Kudus, pemenang tender pengadaan surat suara, untuk menggantinya.

“Jadwalnya besok surat surat suara pengganti tiba,” tambahnya.

Diketahui, surat suara tersebut telah didistribusikan ke PPK tanggal 28 Nopember 2015 untuk dilakukan penyortiran. Sedikitnya ada 961.094 surat suara yang dikirim ke 20 kecamatan.

Dalam pendistribusiannya surat suara dibagi ke tiga wilayah, meliputi Tuban bagian barat, timur, dan selatan. Tujuannya untuk memudahkan pembagian karena waktunya mendesak.

Nur Hakim menambahkan, jumlah surat suara rusak pada Pemilukada saat ini lebih sedikit dibandingkan saat Pemilihan Legislatif (Pileg) ataupun Pemilihan Gubernur (Pilgub).

“Kerusakan tergolong sedikit tahun ini,” tutupnya.(aim)

Dibaca : 1945x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan