Selasa, 17 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Harga Stabil, Petani Melon Tuban Untung

Editor: samian
Sabtu, 12 Mei 2018
Ali Imron
MELIMPAH : Panen melon petani Plumpang menguntungkan karena harga stabil Rp6.000/Kg.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Menjelang bulan suci Ramadhan, para petani melon di Desa Klotok, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, merasa untung karena harga stabil Rp6.000/Kg. Cuaca yang pas juga mendorong hasil panennya melimpah, karena jarang diserang penyakit.

“Tahun ini sangat untung menanam melon,” ujar petani melon Desa Klotok, Ahmad Fatoni (35), saat ditemui suarabanyuurip.com di sawahnya sekitar jalur pipa minyak dari Lapangan Banyuurip, Blok Cepu, Sabtu (12/5/2018).

Fatoni yang sudah lama menggeluti melon, mengaku puas dengan hasil panennya. Dalam satu hektarnya, dia bisa menghasilkan 50 ton melon dengan bibit 20 pack. Dimana per bungkus berisi 550 bibit melon. Dari 550 bibit ini, normal menghasilkan 2,5 ton melon.

Dengan harga Rp6000/Kg setelah dietrel, sekali panen pihaknya bisa meraup Rp10 juta/bungkus bibit. Hasil panen langsung ambil tengkulak, dan disetor ke Jakarta, Denpasar, dan Kalimantan.

Mulai dari tanam sampai panen, normalnya membutuhkan waktu 70 hari. Melon bisa dipanen sebelum hari ke-70, tetapi hasilnya kurang bagus.

“Harus ektra sabar dalam merawat melon,” terangnya.

Petani melon lainnya, Abdus Somad (43), menambahkan, cuaca tahun ini pas. Jika sebelumnya petani tanam blewah, tapi sekarang beralih ke Melon semua.

Berbeda dengan Fatoni, dia dalam satu hektar membutuhkan 23 sampai 25 bungkus bibit. Satu packnya berisi 500 bibit, dengan hasil panen 2 ton.

“Untuk hama melon hanya tikus dan sejenis jamur,” beber pria yang menjadi perangkat Desa Klotok.

Di Kecamatan Plumpang selama ini dikuasai dua tengkulak besar. Mereka berani meminjami modal terhadap petani tanpa bunga. Saat membeli melon petani pun, harganya normal seperti di pasaran.(Aim)

Dibaca : 1939x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan