Hasil Imbang Pilkades Sedahkidul Bukan Pertama Kali

Minggu, 09 Februari 2014, Dibaca : 1605 x Editor : nugroho

samian sasongkoDROW : Panitia Pilkades Sedahkidul saat melakukan penghitungan surat suara yang akhirnya diperoleh hasil imbang.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

 

Bojonegoro – Hasil drow (imbang) dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) nyaris tak pernah dijumpai. Namun di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, ada salah satu desa yang dalam pelaksanaan pilkadesnya mendapati hasil akhir imbang.

Baca Lainnya :

    Desa itu adalah Sedahkidul, Kecamatan Purwosari. Dalam pilkades Minggu (9/2/2014) siang tadi, hasil penghitungan akhir yang dilakukan panitia yang diperoleh dua calon kepala desa (Cakdes) imbang.  Hasil imbang itu bukan kali pertama ini karena sebelumnya beberapa tahun lalu pelaksanaan pilkades Sedah Kidul juga pernah berakhir imbang.

     

    Baca Lainnya :

      Ketua panitia Pilkades, Sedahkidul, Ahmad Patekun, mengatakan, hasil akhir drow prolehan suara cakades  dalam pilkades kali ini mengulang kejadian apada zaman nenek moyang dulu.

      "Cerita kakek, dan nenek puluhan tahun dulu kejadian ajaib ini juga pernah terjadi, dan pilkades Sedahkidul Minggu ini terulang lagi," kata Ahmad Patekun ditemui seusai penghitungan selesai, Minggu (9/2/2014).

      Dalam Pilkades Sedahkidul itu diikuti tiga calon. Namun dari dua calon yang bertarung mendapat suara sama. Mereka adalah Catur Pujianto dengan nomor urut 1 memperoleh 264 suara dan M.Choirul Huda nomor urut 2 juga memperoleh suara sama yakni 264. Sedangkan satu calon lainnya, Yakum Yeni dengan nomor urut 3 dapat 195 suara.

      "Dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Sedahkidul sebanyak 811 pemilih,  yang hadir sebanyak 737 pemilih. Sedangkan yang tidak hadir sebanyak 74, dan suara tidak sah sebanyak 14 suara," kata Ahmad.

      Dia menerangkan, karena perolehan suara terbanyak jumlahnya sama, sesuai tata tertib (Tatib) pelaksanaan Pilkades yang berhak maju dalam pilkades ulang adalah cakades namor urut 1 dan 2. Sedangkan untuk cakades nomer urut 3 tidak bisa mengikutinya.

      "Untuk Pilkades ulang dilaksanakan minimal 15 hari setelah pemilihan pertama ini selesai, Mas. Namun juga bisa dilaksanakan 5-9 hari, tinggal kesepakatan kedua Cakades yang diulang tersebut," imbuhnya.

      Sekedar diketahui, untuk desa di wilayah Kecamatan Purwosari yang melaksanakan Pilkades adalah, Desa Purwosari, Gapluk, Kuniran, Donan, Punggur, Tinumpuk, Sedahkidul dan Desa Kaliombo.(sam)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more