Selasa, 26 Juni 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Hiswana Migas Gagas Satu Desa Satu Pangkalan

Editor: samian
Jum'at, 12 Januari 2018
Ahmad Sampurno
Ketua DPC Hiswana Migas Wilayah Pati, Suma Novendi.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora - Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas), Dewan Pengurus Cabang (DPC) Wilayah Pati, Jawa Tengah, menggagas gerakan satu kelurahan satu pangkalan LPG 3 Kilogram (Kg). Hal itu dilakukan untuk pemerataan sebaran gas dalam tabung melon tersebut.

Menurut Suma Novendi, Ketua DPC Hiswana Migas Wilayah Pati (red-Dmak, Jepara, Kudus, Pati, Rembang, Blora dan Grobogan), itu adalah gerakan pemerataan pangkalan di Kabupaten Blora dan kabupaten lainnya di wilayah kerja Hiswana Migas wilayah Pati.

Suma menargetkan, seluruh desa/kelurahan terdapat pangkalan LPG 3kg. "Target kami 100% seluruh desa ada pangkalan. Sehingga akan memudahkan kami apabila ada laporan kelangkaan," kata Suma Novendi, kepada Suarabanyuurip.com.

Sehinga, dirinya lebih mudah untuk melakukan pengecekan wilayah mana saja yang mengalami kelangkaan.

"Tinggal kita menghubungi pangkalan yang ada di desa," terangnya.

Disamping itu, lanjut dia, juga untuk pelaporan penyaluran real pangkalan-pangkalan dari agen."Di Blora ada 7 agen LPG 3 kg yang menggunakan mocash (phone banking)," terangnya.

Mocash ini adalah sistem bank yang terhubung dengan pertamina Simolek  (sistem monitoring penyaluran lpg 3 kg).

"Misalkan agen kirim ke pangkalan 20 tabung, kemudian barang diterima dan pangkalan melakukan pembayaran dengan mocash," jelasnya.

"Dengan adanya program ini akan menata penyaluran real tanpa ada rekayasa ataupun penyimpangan dilapangan," tandasnya.

Untuk Kabupaten Blora, lanjut dia, baru sekira 43% dari jumlah total 263 desa se-Kabupaten Blora. "Jadi masih ada 158 kelurahan yang belum ada pangkalannya," ujar Suma.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa tidak ada syarat khusus untuk mendirikan pangkalan tersebut. "Yang penting ada kuotanya," pungkasnya.(ams)

Dibaca : 436x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan iklan
iklan