Senin, 19 Agustus 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Juni, 156 Desa di Bojonegoro Laksanakan Pilkades Serentak

Editor: nugroho
Jum'at, 01 Maret 2019
Ist
SOSIALISASI : Pemkab Bojonegoro mulai mensosialisasikan pilkades serentak di wilayahnya yang akan dilkasanakan 26 Juni 2019.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Sebanyak 156 desa di 27 kecamatan di Bojonegoro akan melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II pada 26 Juni 2019 mendatang. 

Asisten I Sekkab Bojonegoro, Djoko Lukito menyampaikan ada beberapa hal yang harus dipenuhi oleh kandidat dalam Pilkades mendatang. Yakni menaati segala peraturan dan persyaratan yang telah dibuat oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD )sebagai panitia penyelenggara serta mengikuti segala bentuk administrasi menurut hukum yang berlaku. 

Djoko menelaskan ketentuan jumlah bakal calon setiap desa yaitu minimal dua orang dan maksimal lima orang. Apabila jumlahnya lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi oleh tim seleksi. 

"Jika tidak ada calon yang mendaftar sebagai kandidat maka pelaksanaan pendaftaran akan di perpanjang selama 20 hari sebelum pelaksanaan pilkades," tuturnya Pilkades serentak gelombang II di Pendapa Malwopati, Jumat (1/3/2019)..

Djoko menegaskan jika seluruh anggaran pelaksanaan Pilkades berasal dari APBD. Dana tersebut digunakan untuk mendukung perlengkapan yang dibutuhkan termasuk honorium panitia dan biaya pelantikan. 

Setiap desa rencananya akan mendapatkan bantuan anggaran Rp40-50 juta.

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan dalam pelaksanaan Pilkades serentak. Semua kandidat kepala desa dihimbau untuk tidak menjadikan pesta demokrasi ini sebagai ajang rivalitas. 

"Jangan sampai terjadi perpecahan. Wujudkan pilkades yang damai dan tertib," pesan Bu Anna, sapaan akrab Bupati Bojonegoro.

Untuk mengamankan jalanya pilkades serentak tersebut, lanjut Bu Anna, pihaknya akan meminta bantuan kepada Polres dan Kodim Bojonegoro.

"Kita akan kerjasama dengan pihak keamanan," tegas mantan politisi senayan itu.

Dari 28 kecamatan di Bojonegoro, hanya satu kecamatan yang tidak menyelenggarakan Pilkades serentak. Yakni Kecamatan Kasiman.(rien)

 

Dibaca : 984x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan