Kebutuhan Naker Gas Cepu Harus Segera Disampaikan

Jum'at, 14 Juni 2013, Dibaca : 2243 x Editor : nugroho

samian sasongko
LENGANG : Kondisi lapangan Gas Jambaran di Desa Bandungrejo belum ada aktifitas sejak diambil alih PEPC.


SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Operator Unitisasi Gas Jambaran – Tiung Biru (TBR), Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) dan Operator Lapangan migas Cendana, Mobil Cepu Limited (MCL) diminta untuk melibatkan warga lokal secara maksimal dalam proyek tersebut. Selain itu, PEPC juga diminta menindaklanjuti sosialisasi ditingkat desa, khususnya kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, desa ring 1 sumur gas Jambaran.

Camat Ngasem, Suwignyo, meminta, operator untuk segera melakukan sosialisasi lanjutan. Agar pemaparan analisis mengendai dampak lingkungan (Amdal) yang sudah dilakukan PEPC sebelumnya dapat dipahami masyarakat sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan bisa lebih terbuka dan jelas.

Baca Lainnya :

    "Yang sudah dilakukan operator baru taraf sosialisasi Amdal. Jadi yang terkait dengan berapa jumlah tenaga kerja maupun rencana ada apa tidak penambahan lahan untuk lokasi sumur Jambaran yang dibebaskan juga belum jelas, Mas," kata Suwignyo ditemui di ruang kerjannya, Jumat (14/06/2013).

    Dia menjelaskan, terkait dengan tenaga kerja biasanya sangat rentan sekali dengan munculnya gejolak sosial masyarakat. Karena itu, PEPC maupun MCL harus benar-benar transparan dan selalu berkoordinasi dengan desa maupun muspika sekitar. Sehingga jika muncul permasalahan bisa cepat diselesaikan. Yang terpenting, saling punya tujuan baik. Yakni, demi perkembangan kesejahteraan masyarakat.

    Baca Lainnya :

      "Saya yakin, jika sosialisasi dilanjutkan ditingkat desa warga sekitar lokasi akan lebih memahami secara jelas. Sebab, merekalah yang pertama kali menerima dampaknya secara langsung," jelasnya.

      Suwignyo, menambahkan, bahwa selama ini di Bandungrejo hanya ada kandungan gas, bukan minyak. Meski demikian, keterlibatan warga lokal akan tetap menjadi perhatian khusus untuk tetap diperjuangkannya.

      "Tentu kalau sudah ada aktifitas di sumur Jambaran yang harus diutamakan adalah konten lokal," imbuhnya menegaskan.(sam)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more