Rabu, 14 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Proyek Nasional SPAM Cepu Ambrol

Kementerian PUPR Segera Melakukan Perbaikan

Editor: samian
Kamis, 12 Juli 2018
Ahmad Sampurno
AMBROL : Salah satu bangunan SPAM yang dikerjakan PT Hutama Karya Ambrol saat dilakukan uji coba.

SuaraBanyuurip.comAhmad Sampurno

Blora – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera melakukan perbaikan ambrolnya salah satu bangunan dari proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Komplek Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Cabang Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Blora, Yan Ria Pramono, menjelaskan, bahwa Rabu (11/7/2018) kemarin jajaran Kementerian PUPR melakukan rapat dengan Bupati Blora Djoko Nugroho, usai meninjau lokasi ambrolnya proyek Nasional dengan nilai Rp135 miliar tersebut, pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) SPAM.

“Dari pihak Kementerian PUPR menjelaskan percepatan pembanguan tahap 3. Sementara untuk bangunan Prasedimentasi masih tanggung jawab kontraktor,” ujarnya.

Proyek tersebut, menurut Yan,  belum final. Untuk penyerahan SPAM Kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora juga belum diketahui waktunya.

“Mungkin penyerahan masih lama,” kata dia.  

SPAM mulai dikerjakan pada tahun 2015 lalu berada di bawah tanggung jawab perusahaan pelat merah, PT Hutama Karya (HK). Sejatinya, SPAM itu bakal dimanfaatkan untuk mengolah air dari bengawan solo yang kemudian dialirkan hingga Blora.

Namun hingga pertengahan tahun 2018  ini belum bisa dioperasikan. Bahkan pada tanggal (2/7) lalu salah satu bangunan mengalami ambrol.

“Pada hari senin (2/7/2018) ada uji coba pengisian air bangunan prasedimentasi dan terjadi hal tidak diinginkan. Itu yang bisa saya sampaikan,” kata Yan Ria.

Terkait penyebab ambrolnya bangunan, dirinya tidak bisa menjelaskan. “Belum tahu, Pak,” terangnya singkat.  

Semantara, Kepala Kantor Cabang PDAM Cepu, Ali berharap, pihak penggarap secepatnya bisa memperbaiki bangunan yang ambrol. “Saya sudah berusaha menemui orang yang menggarap proyek tapi susah ditemui. Padahal kami hanya ingin meminta keterangan kapan akan diperbaiki," ujar Ali.

Dia menambahkan, pihaknya ingin segera mengoperasikan SPAM agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Jadi ya tertunda. Entah kapan beroperasi saya tidak tahu.Tergantung proyek," imbuhnya.

Lebih lanjut, Ali manyatakan, selama ini daftar tunggu konsumen banyak yang antre. “Tapi proyek itu masih kewenangan PT HK," pungkas Ali. (ams)

 

 

Dibaca : 723x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan