Selasa, 2 September 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

KUD Jiken Produksi Minyak 78 Barel

Editor: teguh
Jum'at, 20 September 2013

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora – Koperasi Unit Desa (KUD) Wargo Tani Makmur, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah mampu memproduksi minyak mentah dari sumur tua sebanyak 78 barel per hari, dari sumur tua yang dikelolanya di Desa Bangoan, Kecamatan Jiken, Blora.   

Produksi tersebut berasal dari 4 unit sumur tua dari total 24 titik sumur tua yang diijinkan sejak Maret 2009. Saat ini KUD yang bermitra dengan Pertamina EP tersebut tengah mengupayakan 19 titik sumur untuk meningkatkan produksinya, di lapangan Banyubang tersebut.

Manager KUD Wargo Tani Makmur Jiken, Yusuf, menyatakan, sebenarnya pihaknya telah mengupayakan memproduksi 19 titik sumur, namun baru 4 unit yang sudah bisa produksi. Rata-rata produksi dari 4 sumur tersebut mencapai 78 BPOD (barel per hari). Untuk kegiatan ini KUD bekerjasama dengan PT Witzun dalam mengelola sumur tua.

“Pada tahun 2012 lalu produksi kita sudah mencapai 2.784.319 liter,” kata Yusuf kepada Suarabanyuurip.com, Jumat (20/9/2013).

Kendati produksinya belum banyak, namun KUD bisa mempekerjakan warga lokal sekitar sumur. Lapangan Banyubang telah menyerap tenaga lokal sebanyak 136 orang dengan rincian 115 pria, dan 21 tenaga kerja wanita.

Dia ungkapkan, sebagai koperasi yang berkecimpung di bidang pengelolaan sumur tua, KUD punya tanggung jawab sosial terhadap lingkungan, dan masyarakat sekitar lokasi.

Oleh karena itu pihaknya juga menyisihkan bagian dari pendapatan upah jasa angkat angkut tersebut untuk kepentingan umum.

"Kita selalu memberikan fee kepada Desa Bangoan sebesar Rp10 per liter, karena Lapangan Banyubang merupakan wilayah dari desa tersebut," ujar Yusuf.

Selain itu, koperasi juga telah ikut membantu memperbaiki sarana jembatan yang berada di Desa Tempelmahbang, Kecamatan Jepon. Serta, bantuan bidang  sosial, keagamaan, pendidikan, dan budaya di Bangoan dan sekitarnya.

"Kita juga melakukan penanaman penghijauan di lingkungan sumur tua yang bekerjasama dengan pihak Muspika Jiken," kata Yusuf. (ali)

Dibaca : 353x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>