Rabu, 14 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Kuliah Sehari Bersama Mantan Wamen ESDM

Editor: nugroho
Jum'at, 09 Februari 2018
ahmad sampurno
BERBAGI PENGALAMAN : Susilo Siswoutomo menjelaskan kegiatan industri hulu migas kepada mahasiswa PEM Akamigas Cepu.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora – Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM), Susilo Siswoutomo, berbagi pengalaman dengan masiswa Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di Gedung Graha Oktana kampus setempat, Jum'at (9/2). Pada kesempatan itu, Wamen di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), itu menceritakan pengalaman dalam perjalanan karirnya, termasuk saat dirinya menjabat menjadi wakil menteri ESDM RI pada 2013-2014 lalu.

Susilo Siswoutomo juga menjelaskan terkait risiko industri hulu migas yang harus dihadapi, terutama dalam hal pembiayaan yang sangat mahal. Mulai dari pencarian, mengeksplorasi, hingga operasi.

“Untuk melakukan pemboran satu sumur di darat dibutuhkan hingga USD 10 juta atau setara dengan Rp130 milyar. Sedangkan untuk offshore atau lepas pantai dibutuhkan biaya hingga USD 50 juta," kata dia.

“Sangat beresiko besar jika dalam operasi migas ini dibiayai oleh APBD atau dengan uang Negara. Kalau tidak berhasil, ini bisa merugikan Negara,” jelas Susilo Siswoutomo yang saat ini menjabat Komisaris Utama PT Saka Energi Indonesia, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk.

Berbeda ceritanya, menurut dia, jika dalam oprasi itu dilakukan oleh perusahaan Internasioanal. Meski menghabiskan ratusan juta dollar, biaya sebesar itu tidak akan terasa. Keuntungan yang diperoleh perusahaan internasional dalam kegiatan tersebut bisa mencapai USD 2 miliar setiap satu bulannya.

“Bisa dibayangkan, berapa besar keuntungan meraka dalam satu tahun," ujarnya.

Misalkan mereka kehilangan USD 100 juta, kata susilo, itu tidak ada apa-apa dibanding keuntungan yang mereka dapatkan.

Untuk itu, tambah dia, Negara membuka peluang kerja sama dengan pihak Asing untuk melakukan  operasi industri hulu migas. (ams)

 

 

Dibaca : 1127x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan