Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Panwaslu Blora Temukan 3.166 DPT Bermasalah

Editor: nugroho
Selasa, 08 Oktober 2013

SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora -  Paska diumumkannya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Blora, maka Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Blora langsung melakukan cek data DPT. Hasilnya dari jumlah DPT sebanyak 702.509 pemilih, ditemukan sebanyak 3.166 pemilih bermasalah.

DPT bermasalah itu adalah ditemukannya lima anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan satu anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masuk DPT. Antara lain di Kecamatan Blora, Randublatung dan Banjarejo. Kemudian terdapat 292 pemilih meninggal dunia yang tersebar di 16 kecamatan, sakit jiwa 6 orang, pindah domisili 256, ganda 926 dan tanpa nomor induk kependudukan (NIK) 1.000 pemilih dan dibawah umur 11 orang.

Terhadap DPT bermasalah itu, Panwaslu sudah mengirimkan surat rekomendasi agar KPU melakukan perbaikan atau pembersihan sebelum data pemilih itu ditetapkan kembali.

"DPT bermasalah hasil pengawasan sudah kami rekomendasikan ke KPU. Silakan KPU melakukan perbaikan atau pembersihan," tegas Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Wahono kepada suarabanyuurip.com, Selasa (8/10/2013).

"Rekomendasi kami sudah by-name, KPU cukup mudah untuk melakukan perbaikan atau pembersihan," tambah Wahono.

Panwaslukab Blora berjanji akan terus melakukan pengawasan hingga KPU benar-benar melakukan perbaikan DPT bermasalah. Sementara untuk DPT ganda harus didatangi agar pemilih menentukan satu pilihannya. Untuk pemilih meninggal dunia harus dibersihkan, juga pemilih anggota TNI/Polri.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Blora, Moesafa, membenarkan telah menerima rekomendasi dari Panwaslu. Temuan Panwaslu itu selanjutnya akan diteruskan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk dilakukan cross-check lapangan dan memperbaiki atau membersihkan DPT bermasalah.

"Sudah kami terima rekomendasi DPT tersebut, segera kami tindaklanjuti, dan kami berterima kasih kepada Panwaslu atas kerjasamanya yang baik," kata Moesafa.(ali)

Dibaca : 863x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan