Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pembebasan 219 Hektar Lahan Kilang Tuban Buntu

Editor: samian
Rabu, 15 November 2017

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Pembebasan lahan seluas 219 hektar untuk perluasan proyek Kilang Tuban berkapasitas 300 ribu Barel Per Hari (BPH) di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, masih menemui jalan buntu. Belum ada solusi apapun dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, maupun Pertamina setelah 10 hari ditolak warga Desa Mentoso, Kecamatan Jenu.

“Setelah sosialisasi ditunda belum ada pertemuan lagi,” ujar Camat Jenu, Sugeng Winarno, kepada suarabanyuurip.com, melalui sambungan teleponnya, Selasa (14/11/2017) kemarin.

Selama ini, Sugeng mengaku, jarang diajak komunikasi dengan Pemprov Jatim. Padahal sebagai pemimpin di tingkat kecamatan, dia ingin persoalan cepat rampung.

Soal jadwal pertemuan dengan Pertamina berikutnya, mantan Camat Merakurak ini juga belum menerimanya. Diharapkan segera ada langkah cepat, supaya pembebasan lahan milik 119 orang di Desa Remen, dan Mentoso ada titik temu.

Kepala Biro Administrasi Pemerintahan pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur, Anom Surahno, mengaku, bakal mengadakan pertemuan dengan stakeholder terkait Kilang Tuban. Mulai Pemkab Tuban, Polres, Kodim, dan Muspika Jenu.

“Kita terus komunikasi dan proses pembebasan lahan di dua desa,” sergahnya.

Anom menganggap, penolakan warga Mentoso wajar. Sosialisasi tanggal 5 November lalu baru tahap awal, dan nantinya bakal ada proses lanjutan. Diharapkan warga sekitar mendukung proyek patungan Pertamina-Rosneft asal negeri Beruang Merah.

Proyek strategis nasional ini murni untuk kepentingan menyejahterakan rakyat. Bagi warga yang lahannya dibeli, bakal memperoleh ganti rugi yang sepadan.

Temuan di lapangan, Pemprov Jatim, Pertamina, maupun Pemkab Tuban belum membentuk tim percepatan investasi yang salah satu tugasnya mempermudah pembebasan lahan. Jauh sebelum ada sosialisasi, para spekulan maupun makelar tanah sudah lebih dulu membeli lahan di sekitar Kilang Tuban.(aim)

Dibaca : 108x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan