Pembebasan Lahan Bandara Ngloram Ditarget Tuntas Oktober

Selasa, 25 Juni 2019, Dibaca : 802 x Editor : samian

Ahmad Sampurno
Dinrumkimhub Blora dampingi Dinas Perhubungan Provinsi Jateng, di Lapter Ngloram. Saat dilokasi lahan yang akan dibebaskan.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Pembebasan lahan pendukung pengembangan Bandara Ngloram, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ditergetkan tuntas Bulan Oktober mendatang.

Sekarang ini, berkas warga telah lengkap dan masuk di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Blora. Pengukuran juga telah diselesaikan. Menunggu Surat Keputusan (SK) Bupati.

Baca Lainnya :

    "Targetnya Bulan Oktober pembebasan lahan selesai," kata Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Blora, Pratikno Nugroho, kepasa Suarabanyuurip.com, Selasa (25/6/2019).

    Kendati demikian, untuk tim appraisal masih belum terbentuk. Lantaran masih menunggu SK bupati terkait pengadaan lahan. "Juli nanti seharusnya sudah masuk lelang untuk pembebasan lahan ini," ujarnya.

    Baca Lainnya :

      Menurutnya, untuk kebutuhan lahan pengembangan awal ini, dibutuhkan 3,1 hektar (ha) lahan. "Lahan itu semuanya milik warga Ngloram," kata Diro Beny Susanto, Kepala Desa Ngloram.

      Sekadar diketahui, sejumlah tahapan pembangunan di tahun 2019 dan tahun 2020 yang akan dilakukan, disampaikan olehnya dalam forum rapat tersebut.

      Di tahun 2019 ini pekerjaan yang akan dilakukan adalah perpanjangan runway 300 meter kali 30 meter, taxiway termasuk marking (satu paket) . Kemudian pemenuhan standart pagar bandara, penyusunan rancangan teknik terinci (RTT) fasilitas sisi udara dan sisi darat, serta pengawasan pembangunan sisi udara.

      Sedangkan pada tahun 2020 nanti akan ada 16 paket kegiatan. Diantaranya melanjutkan perpanjangan landasan menjadi 1400 meter kali 30 meter dan turning area 1500 meter persegi.

      Lalu, Rekonstruksi apron dan taxiway, pembuatan drainase sisi udara, penyelesaian pagar bandara, pembangunan gedung terminal, pembangunan gedung operasional, gedung kantor, tempat ibadah, pembuatan landscape, gedung PKP-PK, akses jalan, peralatan parkir, pembuatan tempat parkir kendaraan, pembangunan jalan masuk ke bandara, pengadaan kendaraan operasional dan pengadaan Air Field Lighting (AFL). (ams)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more