Selasa, 17 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pemudik Serbu Ikan Asap Tuban

Editor: samian
Kamis, 14 Juni 2018
Ali Imron
LARIS MANIS : Ikan Asap Tuban digemari pemudik sebagai oleh-oleh lebaran.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, ikan asap di Jalan Panglima Sudirman Kelurahan Karangsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Jawa Timur, masih menjadi serbuan pemudik. Oleh-oleh lebaran tersebut tergolong ekonomis, karena harganya kisaran Rp5 ribu sampai Rp50 ribu/tusuk.

"Lumayan terjangkau harga ikan asap di Tuban," ujar pemudik asal Lamongan, Kasdono, saat ditemui suarabanyuurip.com di tepi jalan nasional Pantura Tuban, Kamis (14/6/2018).

Pria beruban ini, mengaku, keluarganya suka dengan Ikan Tongkol Tuban karena rasanya gurih dan lezat. Saat melintas di Tuban, dia langsung mampir disalah satu lapak nelayan yang menjual ikan asap beraneka jenis.

Pemudik lainnya asal Semarang yang mau ke Jombang, Fitri, membenarkan jika oleh-oleh ikan asap di Bumi Wali (sebutan lain Tuban) harganya murah. Dia mengaku setiap kali mudik, tak pernah lupa mampir membeli ikan asap.

"Kesukaan keluarga saya ikan asap Tongkol dan Pe," terangnya.

Salah satu penjual ikan asap asal Karangsari, Nurlinah, meraup berkah saat menjelang lebaran. Sejak H-7 lebaran, ikan asapnya laris manis. Apabila di hari biasa bisa menjual 20-30 tusuk ikan, sekarang bisa lebih.

"Tiga jenis ikan asap yang disukai pemudik mulai Tuna, Tengiri, dan Pe," jelasnya.

Selain ikan asap, para ibu nelayan juga menjual olahan lain seperti kerupuk ikan, terasi udang, dan petis. Cara ini mulai dilakukan ibu rumah tangga di Karangsari sejak 2005, untuk membantu perekonomian keluarga.

Pantauan di lokasi, lapak ikan asap mulai dipasang sejak pukul 09:00 WIB. Waktu yang paling ramai pembeli kisaran pukul 14:00 sampai 17:00 WIB, atau bersamaan dengan ngabuburit menjelang buka puasa.(Aim)

Dibaca : 1248x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan