Rabu, 14 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pertamina EP Aset 4 Field Cepu Realisasikan CSR Pertanian Desa Bajo

Editor: samian
Rabu, 11 Juli 2018
12
Ahmad Sampurno
PEDULI PERTANIAN : Pertamina EP Aset 4 memberikan pelatihan pertanian kepada petani Desa Bajo, ring 1 Sumur NKT-01.
SuaraBanyuurp.com
Peserta pelatihan CSR Pertanian foto bersama

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Bidang pertanian menjadi salah satu garapan program tanggungjawab sosial perusaan (Corporate Social Responsiblity/CSR) Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, di wilayah  Ring 1 Sumur NKT-01 TW Desa Bajo, Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Sebagai bentuk komitmennya, Pertamina EP Aset 4 Field Cepu memberikan pelatihan kepada petani setempat, di Gedung Serbaguna Desa Bajo, yang dibuka pada tanggal (5/7/2018).

Selama ini Desa Bajo juga dikenal sebagai salah satu daerah lumbung padi di Kabupaten Blora. Potensi pertanian tersebut menjadi salah satu alasan Pertamina tertarik untuk menggulirkan program CSR-nya agar kedepan menjadi lebih baik. 

Program CSR yang gagas Pertamina EP Aset 4 Fiel Cepu diberi nama budidaya Pertanian Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (PSRLB). Program ini memasuki tahapan pelatihan setelah sebelumnya dilakukan pertemuan persiapan di bulan Juni.

Budidaya tanaman sayuran organic, tanaman obat keluarga dan System of Rice Intensification (SRI organik) ini, diagendakan akan berjalan selama 1 tahun dengan pendampingan dari yayasan yang ahli di bidangnya. Diharapkan pelatihan yang diberikan ini dapat diterima dengan baik dan semakin meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Cepu Field Manager Afwan Daroni, saat pembukaan pelatihan menyampaikan, pelatihan yang diberikan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat di wilayah operasi ring 1. 

“Kami sadar bahwa Pertamina EP tidak dapat berjalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat dan pemerintah atas kelancaran operasional Perusahaan dalam meningkatkan ketahanan energi Indonesia," ujarnya. 

Pihaknya berharap, dengan program ini dapat muncul peluang keberlangsungan hidup masyarakat dengan adanya peningkatan ekonomi dan keberlangsungan sumber daya alamnya.

"Sehingga masyarakat bisa lebih sejahtera,” pungkasnya.

Kepala Desa Bajo, Dwiyono dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasih kepada Pertamina EP Aset Field Cepu atas program tersebut.  

"Alhamdulillah dengan program pertanian ini warga kami dapat lebih banyak belajar tentang memaksimalkan potensi alam yang dimiliki,” ujarnya. 

Pelatihan program PSRLB ini diadakan selama 4 hari berturut-turut. Mulai tanggal 5 sampai 8 Juli 2018. Hadir pada kesempatan itu 40 orang peserta pelatihan disaksikan langsung oleh UPTD Pertanian Kecamatan Kedungtuban.(ams) 

Dibaca : 853x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan