Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Pertamina EP Sumbang Dua Proper Emas Untuk Pertamina

Editor: samian
Kamis, 26 November 2015

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Surabaya - Pertamina EP menyumbang 2 (dua) dari 6 (enam) Proper Emas yang diraih Pertamina tahun 2014-2015. Dua PROPER emas itu disumbangkan Pertamina EP dari dua lokasi operasi hulu migas, yaitu PT Pertamina EP Field Subang – Jawa Barat dan PT Pertamina EP Field Rantau – Aceh.

Empat Proper Emas lainnya diraih PT  Pertamina ‎melalui Geothermal Energy Area Kamojang - Jawa Barat dan PT Badak NGL - Kalimantan Timur, Refinery Unit VI Balongan – Jawa Barat, Terminal BBM Rewulu – Jawa Tengah.

“Kami bangga menjadi bagian dari keberhasilan PT Pertamina (Persero) menunjukkan kinerja terbaik dalam pengelolaan lingkungan hidup dan pemberdayaan masyarakat. Selain memperoleh dua Proper Emas, PT Pertamina EP juga meraih 14 Proper Hijau dan 7 (tujuh) Proper Biru,” kata Rony Gunawan, President Director PT Pertamina EP, melalui Email yang dikirimkan kepada Suarabanyuurip.com, Kamis (26/11/2015).

Penghargaan ini, kata Rony, sangat penting bagi Pertamina EP. Alasannya, perusahaan yang mendapatkan peringkat Proper Emas dan Hijau artinya perusahaan tersebut telah taat terhadap peraturan perundangan.

Baik pelaksanaan dokumen lingkungan/studi lingkungan, pengendalian pencemaran air, pengendalian emisi udara dan pengelolaan limbah B3 dan telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang baik.

Selain itu perusahaan telah melakukan program-program inovasi yang menggunaan sumber daya energi secara efisien, menurunkan emisi gas rumah kaca, melakukan konservasi air, dan berhasil menurunkan dan memanfaatkan limbah B3.

Perusahaan dengan Proper Emas dan Hijau juga berarti telah berhasil dalam pengelolaan sampah, perlindungan keanekaragaman hayati, serta melakukan upaya pemberdayaan masyarakat yang baik.

“Prestasi ini merupakan buah dari konsistensi Pertamina EP dalam mengelola lingkungan hidup dan menjalankan program kemitraan yang memandirikan masyarakat,” katanya.

Dicontohkan, lewat pembinaan budidaya ikan lele, Field Rantau berhasil  meningkatkan kesejahteraan warga sekitar wilayah operasi, tepatnya di Aceh Tamiang. Program itu dipadukan dengan berbagai program yang dilakukan di seluruh Field PT Pertamina EP.

"Misalnya, pembinaan anyaman tepas, budidaya rumput laut, budidaya tanaman hidroponik dan invovasi yang fenomenal yakni penemuan pohon listrik," imbuhnya.

Sementara di Subang field punya program unggulan PKBM Assolahiyah dalam pembinaan dan pemberdayaan masyarakat. Program ini mampu meningkatkan pendidikan dan perekonomian warga. Pengembangan Budidaya Jamur dan peternakan kambing.

Dalam Proper, lanjut Rony Gunawan, keberhasilan memandirian masyarakat menjadi penilaian yang sangat penting. Alasannya, taraf perekonomian yang meningkat, membuat masyarakat menjadi lebih kondusif dan mendukung seluruh kegiatan operasi.

"Peningkatan kemandirian masyarakat yang sudah dibuktikan teman-teman di Rantau dan Subang field dalam pengelolaan masyarakat mendapat penilaian yang tinggi," ujarnya.

Program kemitraan yang ada di pertamina EP menjadi sarana umtuk mengenalkan dan memberikan pemahaman bahwa industrial Migas tidak selamanya ada karena Migas dapat habis, maka dari itu harus melakukan progam kemandirian agar masyarakat tidak ketergantungan dengan Pertamina EP.

Ditambahkan, Field Subang dan Field Rantau juga mendapat nilai tinggi  karena  memiliki program konservasi lingkungan dan keanakeraganan hayati yang fokus pada konservasi hewan hampir punah seperti Tuntong Laut dan Owa Jawa. (Rien)

Dibaca : 569x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan