Selasa, 21 Mei 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Pertanian Ring 1 Lapangan Sumber Puso

Editor: nugroho
Sabtu, 03 Januari 2015
edy purnomo
PUSO : Petani Sumber menunjukkan lahannya masih tergenang banjir yang mengakibatan tanamannya mati.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Desa Sambonggede dan Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, ring satu di Lapangan Gas Sumber, terkena puso dan gagal panen akibat wilayah pertanian di sana terendam banjir.

Informasi yang dihimpun suarabanyuurip.com dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tuban, ada puluhan hektar lahan pertanian di sekitar sana yang masih terendam banjir.

Di Desa Sambonggede, tempat di mana lapangan Gas Sumber berada, sekarang ini sudah ada 35 hektar sawah yang tergenang banjir. Sementara di Desa Sumber ada 5 hektar lahan pertanian yang terendam banjir dan dinyatakan puso.

"Di Desa Sambonggede ada sekitar 35 hektar dan di Desa Sumber ada 5 hektar," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Tuban, Herry Prasetyo S, melalui ponselnya, Sabtu (3/1/2015).

Herry mengatakan, data ini berdasarkan laporan yang sudah masuk di Dinas Pertanian. Saat ini, sudah dipastikan padi di wilayah tersebut telah membusuk dan akan mengalami gagal panen.

"Sudah dipastikan padi membusuk dan mengalami gagal panen. Selain itu juga ada di desa-desa lain yang mengalami hal serupa," kata Herry.

Seorang petani mengaku kalau banjir ini merupakan banjir kiriman dari wilayah atas. Sementara lokasi pertaninan mereka merupakan wilayah yang mudah sekali tergenang dan tidak ada drainase (saluran air)  yang memadai.

"Kalau saja drainase air memadai dan dibenahi oleh pemerintah ataupun pihak lain tentu tidak akan kejadian seperti ini," sambung Basar, salah satu petani yang lahannya ikut tergenang air.(edp)

Dibaca : 582x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan