Rabu, 18 Juli 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Petani Blok Cepu Disarankan Tanam Buah Naga

Editor: nugroho
Jum'at, 25 Mei 2018
ririn wedia
Kabid Produksi Dinas Pertanian Bojonegoro, Zaenal Fanani.

SuaraBanyuurip.com - Ririn Wedia

Bojonegoro - Dinas Pertanian Kabupaten  Bojonegoro, Jawa Timur, menyarankan kepada para petani di sekitar Lapangan Minyak Banyuurip, Blok Cepu, di Kecamatan Gayam, untuk menanam buah naga sebagai pengganti padi atau palawija. 

“Tanaman buah naga sangat bagus untuk tanah di sekitar Blok Cepu," ujar Kabid Produksi Dinas Pertanian Bojonegoro, Zaenal Fanani kepada Suarabanyuurip.com, Jumat (25/5/2018)

Selama ini warga di sekitar pengeboran masih menanam padi, palawija, serta aneka ‘pala pendem’ setiap tahunnya dengan menyesuaikan musim dan jenis tanaman. 

“Kami sudah pernah memberikan saran kepada para petani untuk menanam buah naga, laporan yang diterima memang sebagian sudah ada," tandasnya. 

Potensi tanaman buah naga sekarang ini dinilai menguntungkan petani karena nilai jualnya yang lumayan tinggi dibanding buah lainnya. Buah yang mengandung banyak vitamin c ini juga mulai digemari masyarakat luas. 

“Tanaman ini bisa tumbuh subur di sekitar Blok Cepu karena mendapatkan pencahayaan yang cukup dari lampu disekitarnya," tandasnya. 

Sementara salah satu petani di Gayam, Doni (35), mengatakan, sebagian besar petani di Desa Gayam masih menanam padi dan jagung. Belum ada arahan dari Dinas Pertanian untuk menanam buah naga. 

"Tapi petani di sini sudah mendapatkan program dari ExxonMobil Cepu limited untuk sektor pertanian,” pungkasnya.(rien)

 

Dibaca : 739x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan