Kamis, 18 Juli 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Petani Blok Gundih Butuh Jalan Pertanian

Editor: samian
Minggu, 16 Juni 2019
Ahmad Sampurno
BUTUH JALAN : Seorang petani sekitar CPP Gundih menjukkan akses menuju lahan pertanian yang belum dibagun.

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Petani di wilayah Blok Gundih, Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kesulitan untuk menuju lahan pertanian mereka. Sebab, jalan yang mereka lewati masih jauh dari kata layak. Jalan menuju pertanian tersebut sangat dibutuhkan untuk pembangunannya.

Tepat berhimpitan dengan pagar Central Processing Plant (CPP) Gundih Pertamina EP Asset 4 Field Cepu. Jalan selebar 1,5 meter adalah asset Negara yang sengaja disisakan untuk jalan petani.

"Ini dulu, mungkin maksudnya disisakan untuk jalan petani. Tapi tertanyat belum diurus oleh desa. Karena memang panjang. Tapi untuk lokasi lain sebagian sudah," ujar salah satu petani Desa Sumber, Narto, kepada Suarabanyuurip.com, Minggu (16/6/2019).

Menurut pria yang juga menjabat Ketua LKMD Sumber ini, belum bisa memastikan apakah pihak desa berencana membangun jalan pertanian tersebut atau tudak.

"Kami bersyukur kalau dari pihak pabrik sini mau bantu untuk membangunkan jalan pertanian," ungkapnya.

Selama ini, sebelum ada pagar yang membatasi, petani selalu lewat jalan menuju CPP Gundih. "Pagar ini baru kok. Barengan dengan proyek. Ini pun belum selesai," kata dia.

Meski belum sepenuhnya selesai, warga tetap harus memutar arah untuk bisa sampai kelahan pertanian masing-masing.

"Akses jalan yang agak besar sih ada, cuma agak jauh," ucapnya.

Dia menyebutkan, total sepanjang pagar yang baru itu, sekira 3 kilometer. "Itu hanya yang baru lho ya. Sampai ke luar lahan pertanian," ungkapnya.

Kepala Desa Sumber, Zaky Bachroni, saat ditanya soal apakah ada rencana pembangunan jalan pertanian, dia justru menjawab bahwa itu adalah milik Pertamina.

"Lha itu tanahnya pertamina," ujarnya.

Sementara Government and PR Assistant Manager Pertamina EP Asset 4, Pandji Galih Anoraga, mengungkapkan, program Corporate Social Responsibility (CSR), di sekitar CPP Gundih sudah dijalankan untuk program pertanian terpadu.

"Untuk berikutnya kami akan cek jalan pertanian di sekitar CPP Gundih," ujar  Pandji Galih Anoraga, dikonfirmasi terpisah.(ams)

Dibaca : 194x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan