Rabu, 17 Juli 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

PPK Ngasem Mulai Rekapitulasi Data Pemilu

Editor: nugroho
Minggu, 21 April 2019
Samian Sasongko
REKAP : PPK Ngasem sedang melakukan perekapan data pemilu yang dihadiri oleh saksi-saksi parpol di Pendapa Kecamatan Ngasem

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ngasem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mulai melakukan rekapitulasi perolehan suara hasil pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April 2019, di pendapa kecamatam setempat, Sabtu (20/4/2019).

Data tersebut berasal dari 17 desa sekitar Lapangan Gas Unitisasi Jambaran-Tiung Biru (J-TB) di wilayah Kecamatan Ngasem.

Tahap pertama rekapitulasi perolehan suara di empat desa, yaitu Desa Ngadiluwih, Sambong, Tengger, dan Desa Jampet. Rekapitulasi didasarkan pada formulir DAA1, atau perolehan suara setiap tempat pemungutan suara  (TPS) dalam wilayah desa.

"Kita pilih empat desa untuk tahap pertama ini jumlahnya TPS sedikit," kata Ketua PPK Ngasem, Sapan, kepada suarabanyuurip.com, di sela-sela rekapitulasi data.

Rekapitulasi suara tingkat kecamatan dijadwalkan berlangsung enam hari, hingga Jumat 26 April 2019. Dengan estimasi waktu satu jam per TPS.

"Untuk rekap tidak harus sehari empat desa, lihat sikonnya. Jika sikonnya memungkinkan juga bisa menambah lagi," ujarnya.

Tahap dua, dilakukan rekap desa dalam satu kecamatan menjadi DA1, artinya data desa menjadi data kecamatan. Rekap DA1 direncanakan satu hari selesai.

"Secara keseluruhan jika tidak ada kendala rekap akan selesai dalam satu minggu," tandas pria ramah ini.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Ngasem sebanyak 48.245 pemilih. Rinciannya, laki-laki sebanyak 24.077 pemilih, dan Perempuan sebanyak 24.168 pemilih.

Ditanya tingkat kehadiran masyarakat, Sapan mengaku belum mengetahui secara detail, karena masih menunggu hasil rekap selesai.

"Target dari KPU 77 persen. Tapi jika melihat antusias masyarakat mudah-mudahan terlampaui," tandasnya.

Terpisah Camat Ngasem Machmuddin, menambahkan, pelaksanaan pemilu di wilayah Kecamatan Ngasem berjalan lancar tanpa ada kendala. Baik secara keamanan mapun lainnya.

"Kendalanya hanya difisik tim penyelenggara yang kelelahan," pungkasnya.

Belum diketahui hasil perolehan suara pilpres maupun legislatif di wilayah Kecamatan Ngasem. Karena rekapitulasi masih berlangsung. Pelaksanaan rekapitulasi dijaga ketat aparat keamanan dari TNI dan Polri serta Panwas.(sam)

Dibaca : 408x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan