Selasa, 13 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Proses Tukar Guling TKD Socorejo dengan PT SI Berjalan Mulus

Editor: samian
Jum'at, 14 September 2018
Ali Imron
SUKSES : Musdes Socorejo lancar dan masyarakat setuju proses tukar guling TKD.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Proses tukar guling Tanah Kas Desa (TKD) seluas enam hektar dengan PT Semen Indonesia (persero) berjalan mulus tanpa hambatan karena disambut baik masyarakat Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Keputusan final tukar guling TKD, diputuskan dalam Musyawarah Desa (Musdes) di balai desa setempat.

“Semua masyarakat setuju dan gembira dengan tukar guling ini,” ujar Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim, kepada suarabanyuurip.com, pada Jumat (14/9/2018).

Alumnus PMII Jogjakarta ini, menjelaskan, ada lima poin hasil Musdes yang dihadiri Muspika Jenu, tiga pilar desa, BPD, LPMD, Karang Taruna, PKK, tokoh masyarakat, dan tokoh agama Desa Socorejo.

Pertama, semua peserta Musdes menyetujui tukar guling TKD. Kedua, masyarakat meminta penggarap tanah yang lama dilibatkan dalam penggarapan tanah pengganti yang baru. Ketiga, tanah pengganti harus lebih baik, strategis, dan produktif. Keempat, ada tali asih untuk penggarap. Kelima, adanya sosialisasi kepada warga penggarap khususnya di Dusun Borosoco.

Kades yang akrab disapa Kang Arief ini, menambahkan, dengan proses tukar guling Pemdes berkomitmen untuk memberikan program nyata yang terbaik untuk masyarakat. Selain itu, Musdes ini merupakan bentuk transparansi atau keterbukaan kepada masyarakat ring 1 PT Semen Gresik.

Lebih dari itu, hasil Musdes kali ini akan digunakan untuk membalas surat PT SI yang dikirimkan pada 5 September 2018 perihal permohonan tukar menukar TKD.

Segendang seirama disampaikan Ketua Tim Tukar Menukar TKD, KH M. Syahid, bahwa pihaknya mendukung program ini. Harapannya melalui program ini, kedepan bisa menyejahterakan masyarakat sebagaimana yang tadi disampaikannya di Musdes.

“Saya mendukung program ini semoga bermanfaat bagi masyarakat Socorejo,” sambung Rois Syuriyah NU Socorejo.

Di konfirmasi terpisah, Kepala Biro Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia, Sigit Wahono, belum memberikan statmen perihal hasil Musdes tukar guling TKD Socorejo. Proses tukar menukar TKD di Socorejo dapat dikatakan sukses, dibanding dengan Musdes di Desa Temandang, Kecamatan Merakurak waktu lalu. Dimana saat itu mayoritas masyarakatnya menolak, dan menginginkan TKD disewa oleh perusahaan.(Aim)

Dibaca : 1006x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan