Rabu, 19 Juni 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Rumah Sakit Muhammadiyah Cepu Hentikan Layanan Pasien BPJS

Editor: nugroho
Kamis, 02 Mei 2019
Ahmad Sampurno
Direktur RS PKU Muhammadiyah Cepu Achmad Budhy K (baju kotak-kotak merah).

SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menghentikan sementara pelayanan pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terhitung mulai Rabu (1/5/2019) kemarin.

Penyebabnya, masa akreditas RS PKU Muhammadiyah Cepu sudah habis sejak 26 Januari 2019. Sampai saat ini, belum mengantongi ijin perpanjangan akreditasi dari Komite Akreditasi Rumah Sakit ( KARS).

Menurut Direktur RS PKU Muhammadiyah Cepu, Achmad Budhy K, pihaknya sudah melayangkan persyaratan perpanjangan akreditasi ke KARS sebelum Desember 2018 lalu, dan kembali mengajukan pada Januari 2019.

"Kami akan secepatnya ke KARS Jakarta untuk mengurus perpanjangan akreditasi. Sehingga pada bulan Mei ini, RS PKU Muhammadiyah Cepu kembali bisa membuka pelayanan BPJS," kata dia kepada suarabanyuurip.com, Kamis (2/5/2019).

Pihaknya akan jemput bola mempercepat penyelesaian akreditasi. Sebelum akreditas didapat, pelayanan bagi pasien BPJS ditunda sementara. 

"Tidak ada miss dengan BPJS atau kurang betul apalagi salah," tegasnya.

Akreditasi ini merupakan ketentuan yang harus dilakukan dalam kerja sama (memorandum of understanding/MoU) antara RS PKU Muhammadiyah dengan BPJS Kesehatan.

"Kami mohon masyarakat memahami bahwa untuk sementara RS PKU Muhammadiyah Cepu belum bisa melayani kepesertaan BPJS," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pati, Surmiyati menjelaskan akreditasi merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara agar mendapat pelayanan kesehatan yang layak dan bermutu oleh fasilitas pelayanan kesehatan.

"Akreditasi ini tidak hanya melindungi masyarakat. Tetapi juga melindungi tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit itu sendiri," tegasnya dikonfirmasi terpisah.

Pihaknya berharap RS PKU Muhammadiyah Cepu bisa menunjukkan akreditasi sebelum akhir Mei 2019,  sehingga bisa membuka pelayanan BPJS kembali.  

"Di wilayah kerja kita hanya RS PKU Muhammadiyah Cepu yang harus diperbaharui akreditasnya," pungkasnya. (ams)


Dibaca : 7974x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan
iklan