Saksikan Pagelaran Seni dan Budaya di Desa Ring 1 Blok Cepu

Sabtu, 21 September 2019, Dibaca : 293 x Editor : nugroho

Ist
Pagelaran Seni dan Budaya di Desa Mojodelik, Ring 1 Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu.


SuaraBanyuurip.com - Edi Supraeko

Bojonegoro - Beragam kegiatan akan memeriahkan puncak peringatan HUT ke 74 RI di Desa Mojodelik, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (23/9/2019), di lapangan sepak bola desa setempat mulai pukul 19:00 Wib.

Pagelaran senì dan buda di desa ring satu Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, mengusung tema "Nguri-uri Kabudhayan Jawi Diwiwiti Saka Desa". Sejumlah kegiatan yang akan ditampilkan yakni kirab khidmat pemerintah desa, tuthuk lesung gayeng, prosesi pecah kendhi, gunungan, penerbangan 1.000 bulan, pentas budaya, dan pagelaran Reog Sekar Mulyo.

Baca Lainnya :

    Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, M. Idul Ikrom menyampaikan, kegiatan yang ditampilkan merupakan bagian tradisi masyarakat Jawa. Seperti thutuk lesung, kata dia, merupakan alat tradisional yang dulu digunakan masyarakat untuk mengolah padi menjadi gabah. 

    Begitu juga dengan tradisi pecah kendhi, menurut Ikrom, sapaan akrabnya, adalah salah satu prosesi dalam pernikahan dalam adat Jawa. Sedadangkan gunungan sebagai simbol kesuburan tanah yang berhasil menghasilkan hasil-hasil pertanian. 

    Baca Lainnya :

      "Sekalipun di sini ada industri migas, kami tidak ingin meninggalkan tradisi. Budaya adi luhung ini harus dijaga dan lestarikan," ujarnya. 

      Ditambahkan, sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan ini merupakan salah satu cara masyarakat Mojodelik menjaga tradisi di tengah geliat industri Migas.

      "Kegiatan ini disponsori oleh PT Dwi Jaya Banyuurip," pungkas pemuda Dusun Samben, Desa Mojodelik itu. (edi)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more