Selasa, 21 Mei 2019
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Sawah Terendam Banjir, Petani Sumber Kelimpungan

Editor: nugroho
Jum'at, 19 Desember 2014
edy purnomo
TERENDAM : Salah satu petani sumber sedang menunjukkan tanaman padinya yang masih berusia dua minggu terendam banjir.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Petani yang mempunyai lahan di sekitar Lapangan Migas Sumber, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, kelimpungan akibat lahan pertaniannya terendam banjir. Rata-rata tanaman padi mereka baru berusia satu minggu dan sudah terendam banjir sejak dua hari terakhir.

Terendamnya sawah milik petani di sekitar Lapangan Migas Sumber yang dikelola Joint Operating Body Pertamina - PetroChina East Java (JOBP-PEJ) lantaran saluran air (drainase) tidak mampu menampung debit air. Terlebih drainase yang berada di sisi barat jalan.

“Airnya tidak dapat mengalir ke kali ini mas, jadi kembali lagi ke sawah,” kata Rohmat, salah satu petani di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Jumat (19/12/2014).

Dia mengatakan, apabila padi yang mereka tanam tetap terendam sampai satu minggu kedepan. Diperkirakan benih padi akan membusuk dan tidak dapat tumbuh besar.

“Kalau sampai satu  minggu terendam mungkin akan membusuk,” tegas Rohmat.

Akibat terendam banjir, petani juga mempunyai tugas tambahan untuk merawat tanaman mereka. Di antaranya membersihkan sampah yang ikut hanyut biar tidak mengganggu tanaman.

“Sudah begitu banyak kol (hewan pengganggu) yang bisa makan tanaman apabila tidak dibersihkan,” kata Rohmat, menjelaskan.

Dia  mempredeksi, banjir akan terus mengintai lahan pertanian mereka selama musim penghujan. Karena selama ini lokasi persawahan itu merupakan dataran rendah, serta selalu mendapat kiriman dari wilayah pegunungan yang ada di sisi selatan desa setempat.(edp)

Dibaca : 618x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan