Sedekah Bumi Jetis Gelar Bazar Tradisional

Rabu, 04 September 2013, Dibaca : 1854 x Editor : nugroho

SuaraBanyuurip.com
Jadwal acara Sedekh Bumi di Desa Jetis, Blora


SuaraBanyuurip.com - Ali Musthofa

Blora - Beberapa desa atau kelurahan di Kabupaten Blora Jawa Tengah saat ini beramai-ramai menggelar Sedekah Bumi. Budaya daerah yang masih melekat di tengah-tengah masyarakat itu dilaksanakan setiap tahun.

Baca Lainnya :

    Seperti Sedekah Bumi di Kelurahan Jetis, Kecamatan Blora Kota yang digelar pada Kamis dan Jumat (5-6/9/2013) besuk ini. Ada beberapa rangkaian acara yang akan dilaksanakan sehingga kegiatan tahunan itu digelar selama dua hari, berbeda dengan desa lainnya yang hanya satu hari.

    Sedekah Bumi Desa Jetis itu digagas Joko Mugiyanto, salah satu anggota DPRD Blora. Dia mengaku, awalnya merangkul dan berkomunikasi dengan pemuda setempat sehingga muncul ide sedekah bumi yang lain dari desa lainnya.

    Baca Lainnya :

      "Dalam sedekah bumi di Jetis ini juga akan digelar kegiatan Bazar tradisional oleh para pemuda. Ini kegiatan yang perdana, dimana para pemuda dirangkul untuk berkarya dan berkreasi," ujar Bang Jeck, demikian akrab disapa.

      Dalam bazar tersebut para pemuda akan menjajakan beberapa produk unggulan desa setempat. "Produk itu merupakan hasil karya warga lokal. Dan juga bazar beberapa macam kuliner masakan. Saya yakin akan laku, karena budaya sedekah bumi pasti banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang karena panitia juga menyiapkan beberap hiburan masyarakat secara gratis," ujar Bang Jeck, memaparkan.

      Hiburan itu dengan menampilkan kesenian barongan yang merupakan budaya asli Kabupaten Blora, serta kirab pusaka dan tirakatan. " Sebagai puncak acaranya akan digelar pagelaran wayang kulit semalam suntuk dengan lakon Bimo Suci," sergah Bang Jeck.

      Disamping itu, panitia dalam menarik masyarakat luas untuk datang ke lokasi bazar dan puncak acara sedekah bumi disiapkan doorprise bagi penonton. "Jangan kuwathir, pasti ramai karena akan ada hadiah kejutan dari panitia," tambahnya.

      Ide cemerlang dari Bang Jeck ini disambut baik oleh para pemuda setempat yang kemudian menjadi agenda pelaksanaan sedekah bumi di Kelurahan Jetis dengan bazar untuk pertama kalinya.

      "Kegiatan itu kami dukung sepenuhnya, karena selain melaksanakan tradisi budaya lokal daerah, juga mengajarkan pemuda untuk lebih berkarya dan mandiri," ujar Ketua Forum Pemuda Jetis (FPJ), Irwan Mazuki. FJP adalah salah satu wadah para pemuda Jetius. (ali)


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more