Kamis, 31 Juli 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Status Akreditasi Unirow Dipertanyakan Mahasiswanya

Editor: teguh
Kamis, 02 Mei 2013
Edy Purnomo
PERTANYAKAN STATUS : Mahasiswa Unirow Tuban unjuk rasa mempetanyakan status akrsditasi kampusnya.

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban - Puluhan mahasiswa mempertanyakan akreditasi Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban. Mereka mempertanyakan kejelasan status kampus mereka dengan melakukan aksi unjuk rasa (Unras) dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis (2/5/2013).

Mereka melakukan aksi dengan berorasi di halaman depan Kampus Unirow. Serta, melakukan sweeping, dan mengajak beberapa mahasiswa untuk ikut bergabung dalam aksi.

Dalam orasinya, mereka minta agar Rektor Unirow Tuban, Hadi Tugur, menjelaskan status akreditasi tempat mereka belajar. Mereka juga membawa tuntutan lain, seperti banyaknya dosen pengajar yang berstatus ganda. Serta menuntut untuk diberlakukan aturan bahwa dosen pengajar di Unirow minimal harus S2 atau sederajat.

"Tolong kami diberi kejelasan. Mengenai status akreditasi, double status dosen, serta banyaknya dosen pengajar dengan ijazah S1," teriak Syaiful, salah satu peserta aksi di depan gedung Rektorat Unirow Tuban.

Menanggapi ini, Rektor Unirow Tuban, Hadi Tugur, menegaskan, semua jurusan yang ada di Unirow Tuban sudah terakreditasi. Hal ini bisa dilihat dengan aturan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, yang menerangkan bahwa semua program jurusan yang mengajukan ijin penyelenggaraan sebelum tanggal 10 Agustus 2012, dinyatakan secara otomatis telah terakreditasi C.

"Jurusan kita semua sudah berijin, jadi secara otomatis telah terakreditasi C," jelas Tugur di depan perwakilan mahasiswa.

Terkait dosen, Tugur jelaskan ada aturan, bahwa sebelum tahun 2015, semua dosen yang masih berijazah S1 adalah tanggung jawab dari universitas. Untuk memberikan fasilitas pendidikan kepada dosen yang bersangkutan.

"Itu aturan sampai tahun 2015," tambahnya.

Peserta aksi baru puas, setelah dijanjikan oleh Tugur untuk dipertemukan langsung dengan pihak Kopertis. Guna menjelaskan mengenai status akreditasi untuk Unirow.

Selain dikampus, mahasiswa juga melakukan long march menuju Gedung Pemkab Tuban. Mereka membawa tuntutan terkait penolakan UU no 12 tahun 2012 tentang Perguruan Tinggi. Yang beberapa isinya dianggap semakin menjauhkan pendidikan dari cita-cita luhur bangsa. (edp)

Dibaca : 1949x
FB
Ada 1 komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Selasa, 27 Agustus 2013 09:54
apa semua jurusan yang ad d unirow tuban akreditasinya "C", trm ksh
diyah
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>