Selasa, 13 November 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Stikes NU Lakukan PKT di Sekitar Lapangan Sumber

Editor: nugroho
Selasa, 11 April 2017
ali imron
PRAKTIK LAPANGAN : Mahasiswa Stikes NU Tuban memimpin MMD di Balai Desa Senori, Kecamatan Merakurak.

SuaraBanyuurip.com - Ali Imron

Tuban - Sebanyak 158 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Nahdhatul Ulama (Stikes NU) Kabupaten Tuban, Jawa Timur, melakukan Praktik Jomunitas Terpadu (PKT) di sekitar Lapangan Gas Sumber, Blok Tuban, sejak 3 April hingga 18 April mendatang. Ada sepuluh desa di Kecamatan Merakurak yang menjadi sasaran program tersebut.

"PKT ini untuk memberikan pengalaman dan wawasan bagi mahasiswa dalam memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat," ujar pembimbing akademik sekaligus penanggungjawab program PKT Stikes NU Tuban, Suhartono, kepada suarabanyuurip.com, Selasa (11/4/2017).

Kegiatan ini diikuti mahasiswa jurusan kebidanan semester 6. Prakfik  lapangan ini sebagian tahapan dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat.

Salah satu desa yang menjadi sasaran PKT yakni Desa Senori, Kecamatan Merakurak, yang masuk dalam wilayah kerja puskesmas Temandang. Selama dua pekan, seluruh mahasiswa bakal mengunjungi dan melakukan observasi kepada masyarakat, serta mengikuti Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) untuk bersinergi dengan pemerintahan desa setempat.

"Sekaligus menjalin mitra dengan  organisasi-organisasi dibawahnya mulai karang taruna maupun PKK," imbuhnya.

Ketua Kelompok PKT di Desa Senori, Merakurak, Habib Iqbal menjelaskan, sebelum melakukan praktik di Senori kelompoknya telah melakukan MMD tahap pertama untuk perkenalan dengan pemerintahan desa pada Senin (3/4/2017) lalu.

Setelah ini timnya bakal menindaklanjuti dengan pendataan masalah kesehatan yang terjadi di desa. Hasilnya dipaparkan kembali pada MMD kedua pada Senin (10/4/2017) kemarin.

"Saat MMD akan ditindak lanjuti dengan pembuatan prioritas masalah dan intervensi untuk mengurangi masalah kesehatan di desa" sambungnya.

Kegiatan PKT tahunan ini diharapkan dapat membantu instansi terkait untuk merumuskan program unggulan di Kabupaten Tuban. Goalnya dapat mengangkat angka kesehatan di Indonesia khususnya di Bumi Wali.

Perlu diketahui, PKT di Kecamatan Merakurak kali ini fokus di 10 desa sekitar Lapangan Gas Sumber, Blok Tuban. Setiap desa diisi 16 mahasiswa yang melakukan pendataan kesehatan bersama perangkat desa setempat. (aim)

Dibaca : 665x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan