Sabtu, 22 September 2018
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Sudah Sepekan Penambang Sumur Tawun Tak Bekerja

Editor: teguh
Selasa, 24 Desember 2013
SuaraBanyuurip.com
Sumur Tua di Dusun Tawun, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban – Sekira 50 orang yang biasa melakukan penambangan minyak mentah secara tradisional di salah satu sumur di Dusun Tawun, Desa Kumpulrejo, Kecamatan Bangilan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, sudah satu pekan tidak bekerja. Hal itu dikarenakan sumur di sana sedang dilakukan pemboran untuk perawatan (Well Service) oleh PT Usaha Sumur Tua (UST), selaku kontraktor perawatan sumur dari PT Tawun Gegunung Energi (TGE), sejak awal Desember 2013 lalu.

Para penambang mengaku resah karena dari sumur milik Pertamina yang di bor pada tahun 2003 lalu itulah sebanyak 6 kelompok warga menggantungkan hidup. Sejak dilakukan pengeboran perawatan, praktis mereka sudah tidak bisa memanfaatkan sumber daya alam ditempat tersebut.

“Ya sejak mereka masuk disitu, kita sudah tidak mengambil minyak ditempat itu,” kata Dirin, salah satu penambang ketika mengabarkan informasi ini kepada SuaraBanyuurip.com, Selasa (24/12/2013).

Dirin mengatakan, kalau para penambang merasa harap-harap cemas dengan rencana pengelolaan sumur selanjutnya. Meski mereka tidak memiliki sumur tersebut, tapi sejak ditinggalkan perusahaan ketika dilakukan pengeboran, wargalah yang melakukan pembersihan sumur yang dirusak orang dan juga melakukan penjagaan bergilir setiap malam agar sumur tersebut bisa dimanfaatkan oleh warga.

“Dulu sejak tahun 2007 dibelani warga iuran, membersihkan, sampai menjaga sumur itu supaya tidak rusak lagi. Sekarang kok langsung diambil alih begitu saja,” gerutu Dirin.

Untuk itu penambang meminta pemerintah memperhatikan kelanjutan pekerjaan para penambang. Jika sumur-sumur itu jadi akan dikelola lagi oleh perusahaan, maka penambang meminta supaya dilibatkan dalam pekerjaan. Atau diberikan solusi lain yang disiapkan pemerintah kepada penambang.(edp)

 

Dibaca : 1206x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan