Supir Bus Dites Alkohol dan Narkoba

Kamis, 09 Agustus 2012, Dibaca : 1331 x Editor : nugroho

Edy Purnomo
TES URINE : Supir bus yang melintas di Tuban dites urine, untuk mengetahui kadar alkohol dan narkoba.


SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

Tuban – Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (B2TKLP2) Surabaya, Jawa Timur,  didampingi beberapa petugas dari  Polres dan Dinas Perhubungan Tuban mengadakan test urine terhadap pengemudi. Test yang digelar di terminal Bus Kambang Putih Tuban pada, Kamis (8/8/2012) siang, ini untuk mengetahui penggunaan alkohol dan narkoba dari para pengemudi bus antarkota dan antarprovinsi.  

Baca Lainnya :

    Test yang diberlakukan untuk semua sopir bus yang melintas di Tuban itu, bertujuan untuk mengantisipasi beberapa kelalaian sopir seperti kecelakaan akibat mengkonsumsi alkohol dan narkoba saat menjalankan armadanya. Terlebih saat arus mudik yang diketahui kurang beberapa hari lagi .

    Kasi Teknologi Laboratorium B2TKLP2, Sri Rochana, menyatakan, pihaknya membidik pengukuran kadar alkohol saja kepada sopir bus. Untuk mengantisipasi sopir tersebut berkendara tidak dalam keadaan mabuk. Sedang untuk narkoba itu sudah menjadi wewenang dari petugas kepolisian.

    “Hanya alkohol, tapi apabila ditemukan ada penggunaan narkoba dalam test kita serahkan langsung pada polisi,” ujar Rochana kepada sejumlah wartawan saat ditanya terkait terlibatnya petugas kepolisian.

    Selain kandungan alkohol dan narkoba dalam test urine, petugas juga memeriksa kondisi kesehatan lainnya. Seperti pemeriksaan darah untuk mengetahui tensi darah dan kadar gula si pengendara.

    Apabila diketahui sopir mempunyai kadar gula atau tensi darah yang tidak sesuai dengan keadaan normal. Maka petugas akan memberikan suplemen dan di minta untuk istrihat sejenak.

    “Kalau ditemukan kondisi kurang fit, kita akan meminta dia istirahat,” tambah Rohana.

    Sebelum di Tuban, test urine dan kesehatan sopir ini telah dilakukan di Madiun, Malang, Jember dan Tulungagung. Rencananya akan digelar juga dibeberapa kota lain yang menjadi jalur  lintasan bus antarkota dan antarprovinsi.

    Setelah mendapatkan pemeriksaan, sopir bus mendapatkan beberapa bingkisan berupa beberapa suplemen dan vitamin, makanan ringan dan peralatan untuk mandi. (tbu)


    Baca Lainnya :

      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more