Jum'at, 19 Desember 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Tuban Bangun Jalan Lintas Selatan

Editor: teguh
Jum'at, 15 Maret 2013

SuaraBanyuurip.com - Edy Purnomo

 

Tuban – Sedikitnya lima wilayah kecamatan di Kabupaten Tuban, Jawa Timur akan dilewati Jalur Lingkar Selatan. Jalur yang akan dibangun Pemkab Tuban ini untuk mengurai kemacetan yang semakin parah di kawasan kota setempat.

Ke lima kecamatan tersebut adalah, Kecamatan Palang (melewati Desa Kradenan, dan Desa Tegalbang), Kecamatan Semanding (Desa Kowang, Desa Semanding, dan Desa Tegalagung)  Kecamatan Kota (Desa Kembangbilo, dan Desa Sugiharjo), Kecamatan Merakurak (Desa Bogorejo), dan Kecamatan Jenu (Desa Sugihwaras).

“Rencana pembangunan jalur akan diawali dengan melakukan pembebasan lahan. Diperkirakan memiliki panjang 20 kilometer dengan lebar 17 meter dan memiliki 4 jalur,” terang Kepala Dinas Pengerjaan Umum Pemkab Tuban, Choliq Chunasih, saat dikonfirmasi mengenai pembangunan ini, Jumat (15/3/2013).

Rencananya, pengerjaan jalur yang memakan total lahan seluas 60 hektar ini akan dilakukan tahun 2013 ini. Dengan menyiapkan dana awal sekitar Rp120 milyar untuk pembelian lahan milik warga melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tuban. Mengacu pada UU nomor 2 Tahun 2012, tentang pembebasan lahan untuk kepentingan umum.

Sedang untuk besaran harga tanah, PU menyerahkan sepenuhnya kepada BPN, dan tim yang ada. Untuk melakukan kajian taksiran jumlah harga tanah yang sesuai. Mesti ada harga maksimal yang tidak boleh dilampaui.

“Pembebasan akan dilakukan BPN, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang ada,” tambah Choliq.

Dinas PU bersama angggota DPRD Tuban, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tuban telah beberapa kali melakukan rapat koordinasi. Hasilnya pembangunan lajur Lingkar Selatan ini akan dimulai pada tahun ini. (edp)

 

Dibaca : 471x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>