Minggu, 19 November 2017
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan
iklan

Umat Tri Dharma Berbagi Buceng dengan Muslim

Editor: samian
Rabu, 13 September 2017
Ali Imron
MENJAGA KERUKUNAN : Rebutan 1.200 buceng di komplek TITD Kwan Sing Bio Tuban.

SuaraBanyuurip.comAli Imron

Tuban - Umat tri dharma Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio (KSB) Tuban, Jawa Timur, menggelar acara sedekah bumi untuk mendoakan sekaligus menghormati arwah leluhur yang tak diurus keluarganya. Ritual tahunan tersebut diwarnai dengan pembagian 1.200 bungkus nasi buceng ke masyarakat sekitar yang mayoritas muslim.

"Bagi-bagi nasi buceng ini untuk menjaga hubungan sosial," ujar Wakil ketua TITD Kwan Sing Bio Tuban, Liu Pramono, kepada suarabanyuurip.com, di sela-sela acara di Jalan RE Martadinata Tuban, Selasa (12/9/2017).

Sejak pagi umat telah memanjatkan doa-doa di tempat sembahyang. Ketika semua doa rampung, dimulailah rebutan buceng yang melibatkan ribuan warga muslim.

Pembagian seribu lebih nasi buceng ini, juga bertujuan menjalin hubungan yang baik antar sesama pemeluk agama. Kegiatan sedekah bumi seperti ini sudah dilakukan bertahun-tahun lamanya, sehingga sudah seperti tradisi.

Dalam pelaksanaannya, pihak TITD sendiri selalu melibatkan warga sekitar. Bahkan warga yang jauh dari tempat ibadah, untuk bisa hadir meramaikan rebutan buceng.

"Kita selalu undang masyarakat karena acara ini terbuka," imbuh pria humoris ini.

Seorang warga asal Desa Sugiharjo, Kecamatan Tuban, Kasmini (40), mengaku rutin mengikuti acara rebutan buceng di klenteng menghadap laut Utara tersebut.

"Lumayan dapat nasi kotak," ungkapnya.

Segendang seirama disampaikan, warga Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Slamet (44). Dia mengaku awalnya hanya mengantarkan tetangganya.

"Begitu buceng dibagi langsung ikut membaur," pungkasnya.(Aim)

 

Dibaca : 133x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>
iklan iklan
iklan