Jum'at, 22 Agustus 2014
Selamat Datang | Register | Login
Follow us on : tw fb yt rss   
iklan

Warga Kalitidu Resah Pembuangan Sampah Sembarang Tempat

Editor: nugroho
Selasa, 12 Februari 2013
samian sasongko
RESAHKAN WARGA : Pembuangan sampah di sepanjang jalan Bojonegoro - Padangan, sudah berlangsung bertahun-tahun.

SuaraBanyuurip.com - Samian Sasongko

Bojonegoro - Pembuangan sampah dipinggir jalan raya Bojonegoro – Padangan, tepatnya disebelah sungai dekat jembatan wilayah Desa Kalitidu, Kecamatan Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur meresehakan warga sekitar. Selain menimbulkan bau tak sedap, juga menggangu pemandangan.

Pembuangan sampah didekat anak sungai Bengawan Solo itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Akibatnya, warga yang berada disekitarnya mengeluhkan bau tak sedap dari tumpukan sampah yang membusuk.

Namun demikian, hingga saat ini Dinas Pertamanan dan Kebersihan (DKP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terkesan membiarkan kondisi tersebut. Buktinya, belum ada tindakan pembersihan maupun mencarikan tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Warga Rukun Tetangga (RT) 06, Rukun Warga (RW) 01, Dukuh Krajan, Desa Kalitidu, Kecamatan Kalitidu, Ali, menyatakan, pembuangan sampah tersebut telah mencemari lingkungan sekitar. Selain itu tumpukan sampah tersebut juga menjadi sarang nyamuk.

"Saya selalu menghirup udara tidak sedap. Apalagi jika musim hujan seperti ini baunya menyengat,” keluh Ali yang rumahnya tak jauh dari lokasi pembuangan sampah ketika ditemui suarabanyuurip.com, Selasa (12/2/2013)

Dia mengungkapkan, pembuangan sampah dipinggir jalan Bojonegoro – Padangan itu sudah berlangsung bertahun-tahun. Meskipun sudah dilarang oleh pihak desa maupun Kecamatan, namun masih saja banyak warga yang membuang sampah ditempat tersebut.

"Warga sekitar sini malah hampir tidak ada yang membuang sampah disitu. Justeru yang banyak membuang sampah kesitu warga dari luar desa Kalitidu di sore hari," ujar Ali menerangkan.

Ali menambahkan, biasanya tumpukan samapah itu sering dibersihkan dengan cara dibakar. Namun, mulai pertengahan 2012 lalu hingga saat ini sampah belum dibersihkan.

”Saya harapkan dinas terkait segera melakukan tindakan agar sampah-sampah yang sudah menumpuk dan membusuk itu segera dibersihkan atau membuatkan TPS,” harap Ali.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Kalitidu, Yayan Rahman, mengatakan, sedang mencari tanah untuk pembuatan TPS. Direncanakan pembanguan TPS itu dilaksanakan tahun 2014 mendatang.

"Untuk sementara ini akan kita buatkan tulisan larangan serta berkoordinasi dengan desa dan dinas kebersihan serta para perusahaan yang ada di kalitidu untuk menangani tumpukan sampah disitu," tegas Yayan Rahman, melalui pesan pendek. (sam)

Dibaca : 517x
FB
Tidak ada komentar | Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.
Nama :
Email :

Diperkenankan: <strong>,<em>,<u>