Wisata Sumur Tua Ledok Mulai Dilirik Perhutani

Sabtu, 19 Oktober 2019, Dibaca : 319 x Editor : samian

Ahmad Sampurno
BANGUN INFRASTRUKTUR : Pekerja tampak sibuk membangun gapura masuk di lokasi Loko Tour guna menambah bagus sekitar wisata.


SuaraBanyuurip.com - Ahmad Sampurno

Blora - Kawasan hutan Ledok Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, di bawah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Cepu, terdapat ratusan titik sumur tua yang aktif maupun berproduksi. Suasana hutan yang masih asri dan pengelolaan sumur tua yang dianggap apik mulai dilirik pihak Perhutani KPH Cepu.

Dalam realisasinya, dibutuhkan kerja sama antara dua perusahaan pelat merah. Yakni PT Pertamina EP dan Pehutani. Sebab, kedua perusahaan tersebut memiliki kuasa. Pertamina EP memiliki kuasa atas lapangan sumur tua, semantara Perhutani memiliki kawasan hutan. 

Baca Lainnya :

    "Sumur tua itu bagus untuk lokasi wisata. Tapi harus ada kerja sama dengan Pertamina," ujar Dadhut Sujanto, Sabtu (19/10/2019). 

    Dhadut tidak memungkiri, jika selama ini banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi penambangan sumur tua. Akan tetapi, sampai sekarang belum terkoordinir dengan rapi. Sehingga, pihaknya tertarik untuk menjadikan sumur tua tersebut masuk dalam tujuan wisata KPH Cepu.

    Baca Lainnya :

      "Rencana besarnya memang akan sampai ke sana. Dilakukan secara bertahap," ungkapnya.

      Sementara, sekarang ini pihaknya masih  melakukan penataan lokasi loko tour (red, Depo Heritage Trainze Loko Uap).

      "Ada lahan seluas 2,5 hektare (ha) yang akan digarap dengan mitra. Sementara baru 1,5 ha dulu," jelasnya.

      KPH Cepu berkeinginan memiliki ikon wisata yang bisa dikunjungi masyarakat. "Jadi yang loko tour itu yang saat ini mulai ditata kembali," tambah Junior Manager Bisnis KPH Cepu, Maman.

      Menurut Maman, pihak mitra KPH Cepu secara bertahap lokasi tersebut akan ditata dilengkapi dengan taman dan gerbang masuk. Serta sarana pendukung lain untuk para wisatawan.

      "Rel nanti juga akan diperbaiki. Sementara berjalan sampai Tempat Penimbunan Kayu," jelasanya.

      Disampaikan, mitra yang digandeng ini sudah berpengalaman di bidang wisata hutan di wilayah Jawa Timur.

      "Kami sudah melakukan MoU. Selanjutnya, untuk kerja sama akan diberlakukan sharing," tandasnya. 

      Dengan konsep taman dan air, KPH Cepu, optimis bisa menarik wisatawan untuk berkunjung. Ini juga sebagai upaya mendukung Pemkab Blora yang sedang gencar mempromosikan wisata di Blora."Kami menjadi bagian dari salah satu program itu (wisata)," ungkapnya.(ams)

       


      Tidak ada komentar
      Anda sebaiknya login atau register dulu untuk memberikan komentar.

Show more