Mahasiswa STTR dapat Pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik di PPSDM Migas

user
nugroho 15 Agustus 2022, 15:43 WIB
untitled

SuaraBanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Bekerja di industri migas perlu untuk mengetahui Perawatan Mekanik. Hal tersebut diperlukan agar nantinya Teknisi yang bertanggung jawab untuk melaksanakan proses perawatan mekanik pada aktivitas operasi dan produksi migas dapat berjalan secara optimal.

Untuk mendukung pemahaman mengenai hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Teknisi Perawatan Mekanik Tingkat 3 untuk Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada Senin (08/08/22).

Yanu Firmanu Rahman, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menjelaskan berbagai jenis materi salah satunya mengenai Pipe and Fitting.

“Pipa adalah benda tubular yang mempunyai diameter dan tebal berfungsi sebagai sarana transportasi fluida cair dan gas,” ungkapnya.

Kemudian ia juga menjelaskan mengenai Proses Fabrikasi.

“Berdasarkan proses fabrikasinya, pipa dibuat dari beberapa proses yaitu Seamless (SMLS) merupakan pipa tanpa sambungan las pada dinding pipanya. Selanjutnya ada Butt Welded (BW) merupakan pipa tanpa dengan sambungan las pada dinding pipanya, kemudian Lap Welded (LW) merupakan pipa dengan sambungan las lap atau lebih pada dinding pipanya, dan yang terakhir Spiral Welded (SW) merupakan pipa dengan sambungan las bentuk spiral pada dinding pipanya,” tambahnya.

Selama tiga hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti Tools, Pipe and Fitting, K3 Industri Migas, Pressure Vessel, Kompresor, Tank, Diesel Engine, Alat Bantu Angkat, dan Pompa.(adv/suko)

Credits

Bagikan