PPSDM Migas Gelar Pelatihan Operator Kran Mobil dan Juru Ikat Beban

user
Nugroho 22 Agustus 2022, 12:08 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Operator kran mobil dan juru ikat beban disebut juga rigging adalah proses pergerakan beban berat dengan menggunakan tali kawat, baja, manila, rantai dan peralatan spesial lainnya. Untuk melengkapi pelaksanaan dalam pengoperasian kran agar berjalan dengan baik dan aman, diperlukan adanya tenaga khusus yang mempunyai kompetensi yang bertugas untuk menangani pengangkatan material dengan menggunakan tali juga.

Untuk mendukung pemahaman tersebut maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan operator kran mobil dan juru ikat beban untuk PT. Indotrain Consultant yang dilaksanakan pada, Senin (15/08/22).

Sriwaluyo Handayani, sebagai pemateri pada pelatihan menjelaskan mengenai pengetahuan K3 industri migas. Menurutnya, berdasarkan analisa, penyebab utama kecelakaan kerja pada pesawat angkat dapat ditinjau dari segi manusia karena tidak adanya orang yang memberi aba aba. Selanjutnya, ditinjau dari segi lingkungan kerja seperti dalam kondisi cuaca di lokasi.

"Selain itu ditinjau dari segi peralatan yaitu kapasitas beban yang diangkut apakah melebihi kapasitas beban," jelasnya.

Kemudian ia menjelaskan mengenai pemeliharaan kran mobil.

"Dalam suatu kegiatan pemeliharaan kran mobil agar selalu tersedia dalam kondisi baik dan siap operasi sehingga dapat menjamin kesehatan dan keselamatan manusia dan lingkungan dalam pengangkatan," tambahnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan diantarannya pengoperasian dan keselatan kerja jran, praktek operasi, dasar-dasar rigging dan alat bantu angkat, dan juga mekanika teknik dan load chart.(suko)

Credits

Bagikan