ASN KESDM Dilatih Tentang Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha Subsektor Migas

user
Nugroho 29 Agustus 2022, 12:04 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha Subsektor Migas berisi tentang upaya diskusi mengenai pembiayaan dan pendanaan pada proyek kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU.

Untuk mendukung pemahaman tersebut maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha Subsektor Migas untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang dilaksanakan pada, Senin (22/8/2022).

Herry Trisaputra Zuna, selaku pemateri pada pelatihan sekaligus direktur jendral pembiayaan infrastruktur kementerian PUPR menjelaskan mengenai proyek KPBU pemrakarsa proyek.

"Proyek KPBU yang harus memenuhi persyaratan terintegrasi secara teknis dengan rencana induk pada sektor yang bersangkutan, layak secara ekonomi dan finansial, kemudian badan usaha yang mengajukan prakarsa memiliki kemampuan keuangan yang memadai untul membiayai pelaksanaan penyediaan infrastruktur," jelasnya.

Reni Ahiantini, selaku pemateri selanjutnya yang sekaligus direktur pelaksanaan pembiayaan infrastruktur jalan dan jembatan menjelaskan mengenai pembiayaan proyek KPBU.

"Jenis dukungan pemerintah dalam pembayaran langsung kepada BUP KPBU yaitu untuk mendesain, membangun, mendanai, mengoperasikan dan memelihara aset infrastruktur/layanan dalam kontrak kerjasama jangka panjang dan tidak terkait pada pendapatan layanan," tambahnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan diantarannya Program KPBU, Penjaminan Proyek KPBU dan Studi Kasus, Kelayakan Finansial Proyek KPBU dan Studi Kasus Evaluasi Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).(suko)

Credits

Bagikan