PPSDM Migas dan Undip Kerja Sama Adakan Pelatihan Teknisi Operasi CDU

user
Nugroho 30 Agustus 2022, 11:03 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Crude Distillation Unit (CDU) merupakan proses awal dari fraksinasi crude oil yang kompleks. Sehingga mahasiswa maupun dosen dari perguruan tinggi yang ingin berkecimpung di industri minyak dan gas bumi (Migas) wajib untuk mengetahui dan memahami proses ini.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan pelatihan Operasi Teknisi Crude Distilling Unit (CDU) yang dimulai pada Rabu (24/08/22).

Pengajar PPSDM Migas, Moejdtahid menjelaskan bahwa tujuan pelatihan ini adalah agar peserta mampu memberikan pengetahuan praktis dan keterampilan mengenai Operasi Crude Distilling Unit.

“CDU adalah proses permulaan fraksinasi CDU yang sangat kompleks. Fraksinasi minyak bumi sendiri adalah suatu pemisahan komponen-komponen (fraksi) minyak bumi berdasarkan titik didih. Fraksinasi juga sering disebut sebagai pemurnian minyak yaitu suatu langkah untuk menghasilkan produk minyak bumi,” ungkapnya ketika menyampaikan materi kepada peserta pelatihan.

Ia menambahkan bahwa peserta mendapat materi tentang K3LL Kilang Migas, Penyiapan Umpan Crude Distilling Unit, Chemical Storage Handling, Flare dan Fuel System, Peralatan Stationary, Boiler System dan Steam, Komunikasi di Tempat Kerja, Sistem Instrumentasi dan Kelistrikan, dan Peralatan CDU.(adv/suko)

Credits

Bagikan