PPSDM Migas Latih Teknisi Instrumentasi Tingkat I untuk STT Migas Balikpapan

user
Nugroho 05 September 2022, 17:47 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Teknisi Instrumentasi Tingkat I untuk Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan yang dilaksanakan pada, Senin (29/8/2022).

Nurpadmi, selaku pemateri pada pelatihan menjelaskan mengenai Instument Drawing.

"Sebuah diagram yang menggambarkan tentang sinyal instrumentasi yang dimulai dari proses lapangan ke control panel biasanya menggunakan loop diagram, kemudian dalam gambar teknik yang menggambarkan cara memasang instrument lengkap dengan peralatan pendukung beserta ukuranya disebut juga dengan hook up drawing," jelasnya.

Risdianta, selaku pemateri selanjutnya menjelaskan mengenai Control Valve.

"Control Valve merupakan jenis valve yang digunakan untuk mengendalikan aliran, tekanan, temperatur dengan cara membuka atau menutup penuh sebagian untuk respons terhadap sinyal yang diterima dari pengendali, sehingga memungkinkan dalam mengendalikan secara langsung sangat penting untuk beberapa proses seperti tekanan, suhu, dan tingkat cairan," terangnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan diantarannya Kalibrasi Sensor & Transduser, Kalibrasi Transmitter, Tools dan Alat Ukur, K3 Tempat Kerja, Controller, Komunikasi di TPT Kerja dan juga Praktek Teknik Instrumentasi.(adv/suko)

Credits

Bagikan