STT Migas Balikpapan Dilatih Teknik Operasi CDU di PPSDM Migas

user
Nugroho 05 September 2022, 18:57 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Crude Distillation Unit (CDU) merupakan proses awal dari fraksinasi crude oil. Proses tersebut merupakan proses yang kompleks dimana banyak terjadi fluktuasi laju alir crude oil yang merupakan umpan dari unit tersebut.

Untuk mendukung pemahaman mengenai hal tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Teknik Operasi Crude Distilling Unit untuk STT Migas Balikpapan yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada Senin (29/8/2022).

Moedjtahid, sebagai pemateri pada pelatihan tersebut menjelaskan berbagai jenis materi salah satunya mengenai Cooling Water Exchanger.

“Khusus untuk cooling water, pertimbangkan penggunaannya jika temperatur proses tinggi, karena temperatur proses yang tinggi dalam water cooled exchanger dapat menyebabkan overheating cooling water pada tube wall (akan menyebabkan mineral scaling), dan perbedaan temperatur yang tinggi antara shell dan tube (mechanical problem),” ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Murjani Apriansyah Nur, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan pesan dan kesannya selama mengikuti pelatihan.

“Untuk pesan dan kesannya yang pertama yaitu pesannya itu di sini sangat baik karena mendapatkan fasilitas yang cukup, dan untuk kesannya semoga teman-teman bisa kesini untuk melihat langsung kilang dari PPSDM Migas ini,” ungkapnya.

Selama tiga hari pelatihan peserta mendapatkan banyak materi seperti Penyiapan Umpan Crude Distilling Unit, Peralatan Stationary, Flare dan Fuel System, K3LL Kilang Migas, Sistem Instrumentasi dan Kelistrikan, Chemical Storage Handling, Peralatan Rotating, Komunikasi di Tempat Kerja, Boiler System dan Steam, dan Peralatan CDU.(adv/suko)

Credits

Bagikan