PPSDM Migas dan Pertamina Hulu Sanga – Sanga Adakan Pelatihan K3 untuk Pemuda Lokal

user
Nugroho 06 September 2022, 11:47 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) bersama dengan Pertamina Hulu Sanga – Sanga telah menandatangi kontrak kerja sama selama empat tahun dalam rangka pengembangan komptensi pemuda lokal.

Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang dilanjutkan Sertifikasi Tenaga Teknik Khusus (STTK) ini dilaksanakan di Muara Badak, wilayah area operasi migas Zona 9, Kutai Kertanegara (Kukar) selama dua minggu sejak 29 Agustus – 14 September 2022.

Kegiatan tersebut merupakan program Pemberdayaan Masyarakat dari Pertamina Hulu Sanga – Sanga dan Pertamina EP dengan diikuti oleh 20 orang peserta yang merupakan perwakilan dari setiap daerah di wilayah operasi Pertamina Hulu Indonesia Zona 9.

Agus Sugiharto sebagai pemimpin pelatihan ini menjelaskan tentang tujuan pelatihan ini yang diadakan selama 10 hari ini.

“Peserta mampu melaksanakan tugas sebagai operator keselamatan dan kesehatan kerja sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI),” ungkapnya ketika ditemui di kantornya pada Selasa (6/9/2022).

Ia menjelaskan bahwa peserta mendapat materi yang lengkap berupa Kedisiplinan, Dasar K3, Peraturan Perundang-Undangan K3, Alat Pelindung Diri (APD), Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA), Sound Level Meter, Kimia Api, Teknik Pemadam, Teknik Pemadam, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Peralatan Pemadam (Hose Connection), Mobil Pemadam, Teknik Pemadam, Hygiene Perusahaan, P3K, Gas Detector, Inspeksi Keselamatan Kerja, Ijin Keselamatan Kerja (Permit System), Confined Space Entry, dan Mechanical Foam.

"Diharapan pemuda di daerah Kutai Kartanegara mempunyai kompetensi sehingga siap bersaing di dunia kerja yang nantinya memberi dampak positif terhadap pengembangan masyarakat daerah," pungkas Agus Sugiharto. (adv/suko)

Credits

Bagikan