PPSDM Migas Latih Operasi Produksi Tingkat OPT dan OPK untuk Pertamina Hulu Rokan

user
Nugroho 12 September 2022, 15:26 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - PPSDM Migas mengadakan Pelatihan Liputan Pelatihan Operasi Produksi Tingkat OPT dan OPK untuk PT. Pertamina Hulu Rokan Regional 1 yang dilaksanakan pada, Selasa (6/9/2022).

Pelatihan Operasi Produksi Tingkat OPT dan OPK bertujuan agar para peserta nantinya mampu mempelajari, memahami mengenai reservoir, sifat batuan dan fluida, aspek-aspek operasi produksi minyak gas bumi lepas pantai dan darat serta memahami beberapa istilah yang digunakan dalam industry migas.

Karwandi, selaku pemateri pada pelatihan menjelaskan mengenai teknik dan peralatan produksi dalam jenis-jenis reservior.

"Jenis reservoir berdasarkan kondisi makro/geologi yang memiliki beberapa jenis reservoir yaitu reservoir struktur dan reservoir stratigafi. Dalam reservoir struktur terbentuk karena adanya gaya-gaya geologi (gaya endogen) sehingga terbentuk struktur perangkap contohnya patahan dan antiklin. Selanjutnya reservoir stratigafi terbentuk karena adanya perbedaan permeabilitas batuan yang contohnya lensa pasir dan lidah," jelasnya.

Kemudian ia juga menerangkan mengenai jenis reservior berdasarkan kondisi awal fluida dalam reservior.

"Jenis reservior kondisi awal fluida yaitu reservoir minyak yang terdapat akumulasi minyak yang dapat dinilai ekonomis, biasanya juga dapat akumulasi gas yang disebut tudung gas. Kemudian ada reservior gas yang terdapat akumulasi gas yang dapat dinilai ekonomis, yang terdapat dua jenis didalamnya yaitu reservoir gas kering dan gas kondensat," tambahnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan diantarannya Reservior Migas, Oil and Gas Separation, Oil Watee Treatment, Gas Measurement dan K3 Produksi.(adv/suko)

Credits

Bagikan