PPSDM Migas Beri Pelatihan Pipeline Management System untuk ASN KESDM

user
Nugroho 12 September 2022, 16:43 WIB
untitled

d suko nugroho
 
Blora - Salah satu pentingnya system manajemen pipa adalah untuk menghindari terjadinya korosi. Korosi seringkali terjadi karena proses oksidasi yang terjadi ketika permukaan logam terkena kondisi lingkungan baik itu terkena uap air dari tumpahan maupun kebocoran.
 
Materi tentang manajemen control korosi tersebut dibeberkan pada pelatihan Pipeline Management System yang diadakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) pada Rabu (7/9/2022) selama tiga hari. Peserta pelatihan berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). 
 
Arlucki Novandi, sebagai pemimpin pelatihan menjelaskan peserta mendapatkan materi yang erat kaitannya dengan system manajemen pipa di industri minyak dan gas bumi.
 
“Betul, agar peserta mampu memahami sistem manajemen jaringan pipa sehingga dalam pelatihan tersebut kami memberikan materi tentang Materials Selection, Corrosion Control Management, Maintenance & Repair, Gas Pipeline Assesment & Inspection, Gas Pipeline Design and Economics, dan Pipeline Risk Assesment,” ungkapnya.
 
Dengan menjadikan pipa pada kondisi terbaiknya maka akan dapat mengurangi dampak yang ditimbulkan korosi karena hal itu dapat menyebabkan kerugian baik secara langsung dan kerugian tidak langsung. Salah satu kerugian langsung berupa terjadinya kerusakan pada peralatan, permesinan atau struktur bangunan sehingga mengurangi fungsi pipa.(adv/suko)
 

Credits

Bagikan