PPSDM Migas Adakan Pelatihan Inspektur Bejana Tekan untuk ASN KESDM

user
Nugroho 26 September 2022, 09:55 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Bejana tekanan merupakan sebuah alat untuk fluida yang bertekanan yang di dalamnya terdapat tekanan yang melebihi tekanan udara luar. Bejana tekan berfungsi untuk menampung cairan atau gas yang memiliki temperatur atau tekanan yang berbeda dari keadaan lingkungan sekitar.

Untuk mendukung pemahaman tersebut maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Inspektur Bejana Tekan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) yang dilaksanakan pada, Senin (19/9/2022).

Ayende, selaku pemateri pada pelatihan menjelaskan mengenai pengetahuan material pada bejana tekan.

“Inspektur bejana tekan bekerja dalam aturan melalui SKKNI, yang bertugas berdasarkan rangkaian kegiatan. Diantaranya, yang pertama harus mampu menginspeksi new construction. Kemudan yang kedua in service dengan melakukan inspeksi bejana tekan pada saat beroperasi, kemudain adanya repair dan alteration yang berarti memperbaiki atau membuat suatau perubahan pada alat tersebut,” jelasnya.

Beberapa penambahan materi lainnya dari pelatihan diantarannya K3 ditempat kerja, Design Bejana Tekan, Fabrication, Pengelasan, Pengujian Bejana Tekan, Inspeksi Bejana Tekan Existing, Corrotion rate and remaining life (Evaluasi dan Pelaporan), Introduction API 510 dan adanya praktek yang diberikan yaitu Pengujian Bejana Tekan dan Corrotion rate and remaining life (Evaluasi dan Pelaporan). (Adv/suko)

Kredit

Bagikan