PPSDM Migas Adakan Pelatihan Pemboran Tingkat Operator Menara Bor

user
Nugroho 13 Oktober 2022, 16:01 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Sebuah perusahaan minyak dan gas bumi (Migas) harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan mempunyai kompetensi sesuai untuk bidang-bidang tertentu, salah satunya bidang pemboran.

Untuk mendukung pemahaman tersebut, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Pemboran Tingkat Operator Menara Bor untuk perusahaan migas di Indonesia yang dilaksanakan pada, Rabu (12/10/2022).

Suratijo, selaku pemateri pada pelatihan ini menjelaskan mengenai drilling operation and drilling equipment.

"Operasi pengeboran biasanya dilakukan untuk membuat lubang yang dipergunakan untuk mengeluarkan minyak dan gas bumi dari bawah permukaan guna memberi jalan fluida ke permukaan bumi. Dengan menggunakan teknologi tinggi, biaya yang tinggi, SDM yang kompeten dan resiko yang tinggi juga," tuturnya.

Kemudian ia juga menerangkan mengenai teknologi pemboran.

"Dalam teknologi operasi pemboran, ada beberapa teknologi yang digunakan yaitu pemboran tumbuk, pemboran sistem putar dengan injeksi, pemboran sistem kelly, pemboran sistem top drive dan juga pemboran sistem cyber," tambahnya.

Pelatihan ini di laksanakan selama 2 hari dengan beberapa penambahan materi lainnya agar peserta merefresh pemahaman mereka tentang materi Pemboran untuk Operator Menara Bor.(adv/suko)

Kredit

Bagikan