PPSDM Migas Adakan Pelatihan K3 untuk UPN Surabaya

user
Nugroho 05 Desember 2022, 16:16 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) adalah upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Selain itu untuk mengurangi kemungkinan kecelakaan di tempat kerja yang disebabkan oleh kecerobohan, yang dapat mengurangi produktivitas.

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan K3 Tingkat Operator untuk UPN Veteran Surabaya Jawa Timur yang dilaksanakan pada, Senin (28/11/2022).

Mochamad Rochim, selaku pemateri pada pelatihan menjelaskan mengenai Alat Pelindung Diri (APD).

“Tujuan dari alat pelindung diri dapat digunakan untuk mengurangi kontak energy dari sumber bahaya, karena alat pelindung diri mempunyai keterbatasan seperti terbatas daerah yang dilindungi, terbatas kemampuan, terbatas jenis bahaya yang dilindungi, dan terbatas waktu pemakaiannya,” terangnya ketika menjelaskan materi pada pelatihan tersebut.

Beberapa penambahan materi lainnya dari Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tingkat Operator diantaranya, Dasar-dasar K3, Instrumen K3 (Peralatan dan Perlengkapan K3), Peraturan Perundangan K3, Kimia Api dan Teknik Pemadaman, APAR dan Hose Connection, P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) dan praktik Self Contained Breathing Apparatus (SCBA).

Pelatihan ini ditujukan agar para peserta yaitu dosen di UPN Veteran Surabaya mampu memahami K3 yang nantinya dapat diterapkan di dunia kerja bagi para mahasiswanya.(suko)

Kredit

Bagikan