PPSDM Migas Tingkatkan Kompetensi Teknik Perawatan Sumur untuk PHR

user
Nugroho 08 Desember 2022, 11:00 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) memberikan pelatihan dan program sertifikasi “Perawatan Sumur Tingkat APPS” kepada PT Pertamina Hulu Rokan. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut, Senin dan Selasa, (5-6/12/2022), secara daring.

Pertemuan hari pertama, diawali dengan pengarahan program. Dilanjutkan dengan materi Hosting Operation, Completion Fluids, serta Surface and Sub Surface Equipment, Well Control dan Well Control Simulation oleh pengajar yang ahli di bidangnya.

Ario Adimir Fibarata, salah satu pengajar, menjelaskan bahwa uji sumur atau reservoir Migas dilakukan untuk mengetahui parameter-parameter reservoir Migas secara aktual.

“Kami juga menjelaskan tentang penggambaran kemampuan produktivitas sumur atau reservoir (absolut) dan kondisi serta model dasar reservoir objektif pengukuran,” ungkapnya.

Di akhir materi, ia menyelipkan beberapa pertanyaan kepada para peserta selama sesi pelatihan, serta sejumlah studi kasus, dan menjelaskan penyelesaiannya, sehingga diharapkan para peserta mampu memahami materi yang diberikan dengan lebih jelas. (Adv/suko)

Kredit

Bagikan