PPSDM Migas Adakan Pelatihan Operator Forklift

user
Nugroho 19 Desember 2022, 13:15 WIB
untitled

Suarabanyuurip.com - d suko nugroho

Blora - Operator forklift merupakan tenaga kerja yang ahli dan mumpuni di bidang keterampilan khusus dalam mengoperasikan pesawat angkat dan angkut terkhusus forklift. Forklift sendiri berfungsi sebagai alat angkat benda berat semacam truk yang digunakan untuk memindahkan barang di luar jangkauan manusia. Pengoperasian forklift bisa dilakukan di dalam ruangan maupun luar ruangan seperti bongkar muat barang di berbagai tempat yang membutuhkan pengoperasian forklift.

mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja, maka Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan operator forklift selama dua hari untuk para pekerja di industri migas pada, Senin (12/12/2022).

Jamaludin, salah satu fungsional instruktur di PPSDM Migas pada pelatihan tersebut menyampaikan terkait materi Keselamatan pengoperasian forklift.

Dijelaskan, tenaga kerja yang bekerja di industri minyak dan gas bumi, tidak hanya disyaratkan terampil dalam mengoperasikan peralatannya, tetapi juga harus mengerti kerawanan-kerawanan daerah yang ada sehingga dapat mencegah dan atau menanggulangi kemungkinan terjadinya bahaya kecelakaan.

"Sehingga jika kita ingin menjadi operator Forklift maka wajib untuk mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi,” ungkapnya.
“Karena hanya operator forklift yang diberi kewenangan dan telah ditraining yang hanya diperbolehkan mengendarai forklift,” tambahnya.

Jamaludin menambahkan, selama dua hari berikutnya peserta mendapat pula materi mengenai pengarahan program, tanda material handling dan alat bantu angkat beban, praktek operasi forklift, pengetahuan forklift dan komponennya, pengelolaan dan pemindahan Blbeban, serta petunjuk operasi dan cara membaca load chart.(adv/suko)

Kredit

Bagikan